Model pembelajaran tahfidz dan peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan hadits siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Cokroaminoto linggasari
Model Pembelajaran; Minat Belajar; Tahfidz Al-Qur’an; AlQur’an Hadits
Abstract
Menghafal Al-Qur’an, atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahfidz adalah pekerjaan sulit bagi sebagian orang dan sebagian orang juga merasa mudah dalam menghafalkannya. Dalam hal ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran tahfidz dan peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-ur’an dan hadits. Metode yang digunakan adalah metode kuntitatif dengan rumus prodact moment, dalam pengambilan data menggunakan angket/kuesioner, wawancara dan observasi. Dalam pengambilan data dengan cara dan rumus yang sudah dijelaskan diatas, maka mendapatkan hasil bahwa diantara model pembelajaran tahfidz dan peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits itu terdapat hubungan yang kuat.
Downloads
References
Fatmawati, Eva. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an: Jurnal Islamic Education Manajemen”, vol. 4 no. 1 (Juni 2019). (17 November 2022).
Fitriyana, Zeni. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Melalui Pemanfaatan Media Gambar Visual di Raudlatul Athfal Al-Muhtadin Milandi Kecamatan Garung”. Skripsi Sarjana. FITK UNSIQ, Wonosobo, 2014.
al-Fuad, Zaki dan Zuraini. “Jurnal Tunas Bangsa: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa kelas I SD N Panang”. STKIP Bina Bangsa Getsempena. vol. 3 no. 2 (2016). (diakses 18 November 2020).
Havidza, Nisa. “Pengaruh Hafalan Al-Qur’an (Tahfidz) Terhdap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTs Sleman Tahun 2016-2017”. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Indonesia, 2017.
al-Khathib Muhammad ‘Ajaj. 2007. Ushul Al-Hadits. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Khon, Abdul Majid. 2012. Ulumul Hadits. Jakarta. Sinar Grafika Offset. Maskur, Abu. “Ilmu Al-Qur’an: Jurnal Pendidikan Islam”, Pembelajaran Tahfidz Qur’an pada Anak Usia Dini, vol. 1 no. 02 (2018). (17 November 2022).
Mas’ud, Mahchfudz dan Farah Faida. 2016. Al-Qur’an dan Sains Modern. Wonosobo: Media Kreasi.
Maula, Rizki Ni’matul. “Implementasi Media Kamus Berbasis Android untuk Peningkatan Penguasaan kosa-kata Bahasa Arab santri Pelajar Pondok Pesantren Hidayataul Qur’an”. Skripsi Sarjana. FITK UNSIQ, Wonosobo, 2017.
Ngarofah, Lilis Ummu. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Andalusia Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi Sarjana. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ, Wonosobo, 2015
Dakir. 1993. Dasar-dasar Psikologi.(Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
P, Andi Achru. “Pengamatan Minat Belajar dalam Pembelajaran”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. vol. III no. 2 (Desember 2019)
Periksa surah-surah: Al-Hijr: 9.
ash Shiddieqy, M. Hasbi. 1989. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Jakarta: Bulan Bintang.
Solo, Ahlan Abdullah, dkk. “Upaya Santri dalam Pemeliharaan Hafal Al- Qur’an di MANU Kota Gede Yogyakarta. vol. 8 no. 2 (Desember 2018). (18 November 2022).
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata Nana Syaodih. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yulianti, Fajar. “Studi Korelasi antara Kegiatan Tadarus Al-Qur’an dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negri 1 Wadaslintang”. Skripsi Sarjana. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, 2015.
Yusuf, Kadar M. 2014. Studi Al-Qur’an. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Solo, Ahlan Abdullah, dkk. “Upaya Santri dalam Pemeliharaan Hafal Al- Qur’an di MANU Kota Gede Yogyakarta. vol. 8 no. 2 (Desember 2018). (18 November 2022).