INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI RUTAN KELAS IIB KABUPATEN WONOSOBO

  • Dwi Taufiqurrohman Prodi PAI, FITK, UNSIQ
  • Abdul Majid
  • Muhammad Yusuf Amin Nugroho
Keywords:
Internalisasi, religiusitas, narapidana

Abstract

Internalisasi tidak hanya dilakukan di lembaga formal seperti sekolah, tetapi juga dilakukan dimana saja. Menurut penulis pribadi, justru internalisasi itu juga dijalankan dilembaga-lembaga yang didalamnya berurusan dengan masyarakat, dan yang sangat membutuhkan pembelajaran, pengajaran serta pembinaan, dalam hal ini adalah rumah tahanan Negara (Rutan) atau Lembaga pemasyarakatan (Lapas). Sistem pembinaan pemasyarakatan dilakukan dengan asas pengayoman, pendidikan, dan penghormatan harkat martabat manusia. Salah satu upaya meningkatkan religiusitas narapidana adalah pembelajaran keagamaan dan bimbingan rohani. Pembelajaran keagamaan di rumah tahanan atau lapas berbeda dengan proses pembelajaran keagamaan di sekolah atau tempat formal yang lain. Tetapi lebih keproses praktik dalam keseharian, dengan harapan proses pembelajaran yang di lakukan bisa menjadi sentra atau dasar dari segala tingkah laku dalam kehidupan narapidana serta bisa mengangkat nilai moral.

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran agama Islam dalam meningkatan religiusitas narapidana di Rutan IIB Wonosobo. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai pembelajaran agama Islam dalam meningkatan religiusitas narapidana di Rutan IIB Wonosobo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai-nilai pembelajaran agama Islam dalam religiusitas narapidana di Rutan IIB Wonosobo.

Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui penelitian kualitatif. Pada kesempatan ini, peneliti menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Studi kasus merupakan strategi penelitian. Penelitian Studi kasus adalah studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, dan fokus penelitian terletak pada kajian secara intensif tentang keadaan tertentu, yang berupa kasus, atau suatu fenomena.

Berdasarkan temuan penelitian, salah satu tujuan adanya pembelajaran agama Islam adalah untuk meningkatkan religiusitas narapidana. progam-progam pelaksanaan pembelajaran agama Islam di Rutan IIB Wonosobo: Sholat berjamaah, mengaji Al-Qur’an, tausiyah, kegiatan pada hari besar Islam, dzikir bersama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Ahmad. 1988. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: PT Bulan Bintang.
Daradjat, Zakiyah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Dwidjaja, Prijatno. 2006. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia. Bandung: Refika Aditarma.
Gunawan, Imam. 1988. Metode Penelitian Kualitatif teori dan prektik. Jakarta: Bumi Aksara.
Harsono. 1995. Sistem Baru Pembinaan Narapidana. Jakarata: Djambatan.
Hendra, Muhammad. 2018 Menghidupkan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Ilham, Muhamad dan Firdaus. 2019. Islamic Branding Dan Religiusitas. Riau: stain sultan abdurrahman.
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuraini. 2001 “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Dalam Membina Karakter Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara”, Jurnal ANSIRU PAI Vol. 3 No.2.
Rahmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Reksodiputro, Mardjono. 2009. Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang Tentang Lembaga Pemasyarakatan. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Hukum dan HAM RI.
Sumarauw, Yunitri. 2013. “Narapidana Perempuan dalam Penjara Suatu Kajian Antropologi Gender”, Holostik Jurnal Of Sosial end Cilture 6, no.11b.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ulang Mangun Sosiawan. 2017. Upaya penanggulangan Kerusuhan di Lembaga Permasyarakatan, Jurnal Penelitian Hukum De Jure, Jakarta. Nomor 3 Volume 7.
Published
2024-06-27
How to Cite
TaufiqurrohmanD., MajidA., & NugrohoM. (2024, June 27). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI RUTAN KELAS IIB KABUPATEN WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 20-27. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.6498

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>