Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Upaya Penumbuhan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMK Negeri 2 Wonosobo

  • Nur Sahid Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Noor Aziz
  • Muhammad Yusuf Amin Nugroho
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Nilai Pancasila, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Merdeka Belajar merupakan salah satu inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan suasana gembira. Tujuan belajar mandiri adalah agar guru, siswa dan orang tua dapat memiliki suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMKN 2 Wonosobo. 2) Mengetahui penumbuhan nilai-nilai Pancasila melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMKN 2 Wonosobo. 3) Mengetahui sejauh mana Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dan Upaya Penumbuhan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMKN 2 Wonosobo.

Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana jenis penelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan juga observasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) SMKN 2 Wonosobo menjadi salah satu SMK Negeri yang masuk dalam kategori SMK Pusat Kunggulan dan menjadi rujukan untuk sekolah lain, Sehingga SMK Negeri 2 Wonosobo sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sejak tahun pelajaran baru yaitu 2022/2023. Peran guru dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka adalah sebagai penggerak merdeka belajar, guna menjadi fasilitator penggerak perubahan kepada peserta didiknya. 2) Cara dari guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 2 Wonosobo untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila adalah dengan membiasakan anak dengan hal-hal yang sejalan dengan nilai Pendidikan Agama dan juga sesuai dengan pengamalan Pancasila. Mengingat Pancasila adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dan juga berhubungan erat dengan Pendidikan Agama Islam. 3)Pengamalan masing-masing sila sudah mulai ditanamkan oleh guru Mapel PAI menggunakan Kurikulum Merdeka sebagai upaya penumbuhan nilai-nilai Pancasila serta penguatan 6 elemen dalam penguatan profil pelajar Pancasila dalam diri peserta didik 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maghfiroh, Nailyl dan Muhamad Sholeh, 2021 "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0", inspirasi manajemen pendidikan Vol 9, No 5.
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D”, Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2020.“Metodologi Penelitian”. Yogyakarta : Pustaka Baru Pres.
Syaikhudin, Ahmad. 2015. “Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter”. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 1 No. 1.
Syukri, Bayumie. “Menakar Konsep “Merdeka Belajar”, intennews, 13 januari 2020, https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/ (di akses pada 06 Oktober 2022 Jam 16:29)
Published
2023-06-30
How to Cite
SahidN., AzizN., & NugrohoM. (2023, June 30). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Upaya Penumbuhan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMK Negeri 2 Wonosobo. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i1.4745

STATISTICS

Abstract viewed = 166 times
pdf downloaded = 255 times

Most read articles by the same author(s)