NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SHALAWAT DALAM BUKU “Spiritualitas Salawat Kajian Sosio-Sastra Nabi Muhammad SAW” Karya Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag.
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: 1) Mengetahui nilai pendidikan Islam pada shalawat; 2) Mengetahui isi dan kandungan buku Spiritualitas Salawat Karya Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag; 3) Menjabarkan tantangan di era modernisasi terhadap nilai pendidikan Islam pada shalawat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan. Data diperoleh dari sumber primer dan sumber sekunder: 1) sumber primer dari buku “Spiritualitas Salawat Kajian Sosio-Sastra Nabi Muhammad SAW”; 2) sumber sekunder diperoleh dari pihak lain yang tidak diperoleh secara langsung dari subjek penelitinya seperti buku, artikel, jurnal lain yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif-analitik, dengan cara pengumpulan dan menelusuri data berdasarkan data primer dan sekunder, dilakukan klasifikasi data, perbandingan data, kemudian diinterprestasikan dan akhirnya ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai pendidikan Islam yang terkandung pada tradisi shalawat adalah yang pertama Nilai Akidah meliputi Iman kepada Allah dan Iman kepada Rasul Allah; kedua Nilai Ibadah terdiri dari thalabul ilmi, silaturahim/ukhuwah Islamiyah, syiar Islam; dan yang ketiga Nilai Akhlak. 2) Buku spiritualitas salawat berisi tentang masifnya tradisi shalawat di lingkungan masyarakat. a) Terdapat perbedaan istilah shalawat yang belum dipahami masyarakat, yaitu antara shalawat, madaih, sirah, dan doa. b) Tradisi slametan yang sudah berlangsung bahkan sejak era sebelum Islam, menjadi bukti rakyat Indonesia sebagai bangsa yang guyun, saling toleran, suka tolong menolong. Slametan menyatukan tradisi shalawat yang dilakukan masyarakat dalam berbagai upacara kehidupan. c) Tradisi shalawat terbagi dalam dua aspek nilai manfaat, pertama aspek ibadah dan spiritual, bertujuan untuk dzikrullah, mencari syafaat di hari kiamat, barakah dan tawassul, sadaqah, ungkapan cinta Rasul, penenteram jiwa, penghormatan kepada Nabi, teladan moral, peningkatan spiritual, dan memperluas wawasan keagamaan. Kedua aspek sosio kultural yang tujuannya adalah silaturahim, guyup rukun, seni dan budaya Islam, sarana hiburan, dan tradisi kampung halaman. 3) Munculnya era modern berdampak pada perubahan sosial budaya yang sudah berjalan, menjadi tantangan dalam mempertahankan tradisi shalawat. Namun tidak semua masyarakat mampu menerima perubahan tersebut, ada dari mereka kelompok masyarakat yang menolak adanya tradisi shalawat, dan hal itu terjadi karena adanya perbedaan pemahaman akidah, budaya dan pengaruh modernisasi. Perkembangan tradisi shalawat modern tidak menghilangkan shalawat tradisional yang sudah berjalan, akulturasi yang menggabungkan seni tradisional dan modern membuat tradisi shalawat tidak ketinggalan zaman, menyesuaikan perubahan dan menjangkau semua kalangan. Namun demikian, tradisi tersebut tetap relevan dilaksanakan karena mampu mempertahankan dan menjaga esensi dari nilai pendidikan Islam yang terkandung pada tradisi shalawat, dan terdapat banyak hikmah didalamnya.
Downloads
References
Abdusshomad, M. (2014). Hujjah NU Akidah-Amaliah-Tradisi. Khalista.
Abidin, M. Z. (2024). Transformasi sholawat: Dari Ritual Keagamaan ke Musik Hiburan di Zaman Modern. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/zainalabidin8148/6760cf0fc925c44c3a568ad3/transformasi-sholawat-dari-ritual-keagamaan-ke-musik-hiburan-di-zaman-modern-sholawatan
Afifah, L. T. (2023). Analisis Kontroversi Sholawat yang Diharamkan. Kalimah Sawa. https://kalimahsawa.id/analisis-kontroversi-sholawat-yang-diharamkan/
Ahmad, S. F. bin A. Y. (1994). Sistem Kaderisasi Rasulullah SAW (Manhajur Rasul SAW fi Tarbiyati Ashabihi) (S. Wahid (penerj.)). CV. Pustaka Mantiq.
Al-Barbasy, M. M. (2022). Muhammadiyah dan Selawat (an). UMJ Jakarta. https://umj.ac.id/opini/muhammadiyah-dan-selawatan/
Amin, S. M. (2020). Tradisi Haul Memperingati Kematian Di Kalangan Masyarakat Jawa (Kajan Antropologi). Jurnal Ilmiah Studi Islam, 20(2). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/mq/article/download/1708/1038/
Amiruddin, A. (2014). Tantangan Modernisasi Terhadap Pendidikan Islam (Studi pada SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar). UIN Alauddin Makassar.
Anugrahadi, Y. D., & Airlangga. (2018). Mengetahui Pengaruh Kinerja Terhadap Motivasi Islam. Harvian, 5(8).
Anwar Al Batawy, S. (2012). Rahasia Kedahsyatan Shalawat Nabi SAW. Kunci Iman.
Ayyubi, A. S. Al. (2024). Meluruskan Salawat Bidah Ala Wahabi. https://annajahsidogiri.id/meluruskan-salawat-bidah-ala-wahabi/
Hafidhuddin. (2022). Kontestasi Hadis di Era Multimedia: Kajian Hadis di Youtube Mengenai Alat Musik. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Hadist, 5(1). http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/182
Hamzah, M., Sukawi, Z., Kholik, Asmaji, Shidiq, N., Mahfudz, Amin, S. M., Majid, A., Aziz, N., Junaedi, M., Affandi, H., Rohani, E., & Amin, M. Y. (2020). Pengantar Studi ASWAJA An-Nahdliyah. UNSIQ PRESS.
HD, K. (2000). Iman Ilmu dan Amal Saleh. Rineka Cipta.
Iryani, E., & Tersta, F. W. (2019). Ukhuwah Islamiyah dan Perananan Masyarakat Islam dalam Mewujudkan Perdamaian: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. https://doi.org/10.33087
Jawas, Y. A. Q. (2017). Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Pustaka Imam Syafi’i.
Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4). https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi
Nasional, P. B. D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Nasution, H. (1992). Ensiklopedi Indonesia. Sabdodadi.
Nasution, H. (1994). Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan Bintang.
Purwadi. (2005). Upacara Tradisional Jawa. Pustaka Pelajar.
Raya, A. T. (2003). Menyelami Seluk Beluk Ibadah dalam Islam. Prenada Media.
Rifina, F. A. H. (2021). Fenomena Maraknya Musik Shalawat: Kajian Sejarah, Perkembangan dan Tradisi Budaya di Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Soekanto, S. (1994). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.
Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. (2010). Sirr al-Asrar fi ma Yahtaj Ilayh al-Abrar (A. M. H. Khatib (penerj.)). Beranda Publishing.
Tim Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2018). Ensiklopedi Islam Nusantara Edisi Budaya. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.
Wargadinata, W. (2010). Spiritualitas Salawat Kajian Sosio-Sastra Nabi Muhammad SAW. UIN-Maliki Press.
Wibawa, D., & Priantini, P. (2022). Syiar Islam dan Tiktok. LEKKAS.
Wiyadi. (2014). Membina Akidah dan Akhlak, Untuk Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Zahrudin, & Sinaga, H. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Raja Grafindo Persada.