Pengaruh Supervisi Klinis Terhadap Implementasi Kompetensi Sesuai Clinical Appointment pada Perawat Klinis II di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo
Supervisi Klinis, Clinical Appointment, Kompetensi, Perawat
Abstract
Implementasi praktik keperawatan sesuai clinical appointment dilaksanakan agar tidak membahayakan keselamatan pasien, tidak terlalu lama dalam perawatan klien dan mendukung program pelaksanaan perawatan ada suatu metode yang dilakukan yaitu supervisi klinis.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh supervisi klinis terhadap implementasi kompetensi perawat sesuai clinical appointment.
Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen dengan one group pre post test design dengan sampel sejumlah 57 Perawat Klinis II sebagai responden penelitian.
Dari penelitian ini didapatkan jumlah perawat yang tidak melakukan implementasi kompetensi sesuai clinical appointment ada 50 perawat yang belum sesuai dan hasil post test didapatkan adanya perbedaan yang signifikan dengan pre test.
Supervisi klinis efektif untuk mengontrol implementasi kompetensi perawat sesuai clinical appointment.
Downloads
References
Dilworth, S., Higgins, I., Parker, V., Kelly, B., & Turner, J. (2013). Examining clinical supervision as a mechanism for changes in practice : a research protocol, (June). https://doi.org/10.1111/jan.12211
Ingram, J. L. (2012). 10 – Privileges. In Criminal Evidence (pp. 345–405). https://doi.org/10.1016/B978-1-4377-3503-1.00052-X
Jones, a. (2006). Group-format clinical supervision for hospice nurses. European Journal of Cancer Care, 15(2), 155–162. https://doi.org/10.1111/j.1365-2354.2005.00642.x
Komite Keperawatan. (2013), 1–32.
Marwiati, M. (2018). DESKRIPSI IMPLEMENTASI KOMPETENSI PERAWAT SESUAI CLINICAL APPOINTMENT DI RSUDKRT SETJONEGORO WONO. PPKM UNSIQ, 5(3), 314–326. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/478/297
Marwiati, M., & Komsiyah, K. (2017). EFEKTIFITAS SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PERAWAT PELAKSANA : SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), 213–219. https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i3.426
Nursing and competencies - a natural fit: the politics of skill /competency...: EBSCOhost. (n.d.). Retrieved October 21, 2015, from http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?sid=a5c4fd9f-fb79-4d9f-97a2-533e5097b5d7%40sessionmgr4002&vid=8&hid=4214
Position Statement on Nurse Practitioner Prescriptive Privileges. (2016). Journal of Pediatric Health Care, 30(3), A15–A16. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2016.01.007
Reed, S. (2008). Ward management: education for senior staff nurses. Paediatric Nursing, 20(3), 27–31. https://doi.org/10.7748/paed2008.04.20.3.27.c6518
Scott Tilley, D. D. (2008). Competency in Nursing: A Concept Analysis. The Journal of Continuing Education in Nursing, 39(2), 58–64. https://doi.org/10.3928/00220124-20080201-12
Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penlitian. Bandung: CV Alfabeta.
Yanhua, C., & Watson, R. (2011). A review of clinical competence assessment in nursing. Nurse Education Today, 31(8), 832–836. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2011.05.003
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.