PERAN BK ( BIMBINGAN KONSELING) DALAM PENDAMPINGAN SISWA SUKSES KULIAH MELALUI PROGRAM BIDIKMISI DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN BONANG DEMAK
Peran BK, Kuliah, Bidikmisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BK (Bimbingan Konseling) dalam memotivasi siswa masuk kuliah melalui Program Bidikmisi, juga mengetahui metode pendampingan sehingga dapat diterima di perguruan tinggi, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, dokumen dan wawancara, berlokasi di SMA Takhassus al-Qur’an Bonang Demak, Sumber data berasal dari data primer, data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BK mampu motivasi siswa untuk kuliah, Mampu memotivasi orang tua sehingga memberi support kepada anak untuk kuliah melalui program Bidikmisi, peran BK berpengaruh positif terhadap keberhasilan siswa diterima kuliah. Adapun faktor yang mendukung; orang tua memotivasi anaknya setelah mendapat penjelasan, sekolah memberi fasilitas bimbingan teknis, sehingga memiliki motivasi kuat untuk kuliah. BK memberikan pendampingan kepada siswa dan orang tua sejak kelas X sampai kelas XII.
Downloads
References
Ahmad Zarqana, Ince & Sukarni, 2017, HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT IN THE ERA OF TECHNOLOGY; ECHNOLOGY’S IMPLEMENTATION FOR INNOVATIVE HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10. No. 3
Arifin, Andi Agustan, Sri Ratnasari, 2017, HUBUNGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, Jurnal Konseling Andi Matappa Volume 1 Nomor 1 . Hal 77-82
Bernetta, 2020, KIP Kuliah, Pengganti Beasiswa Bidikmisi
Burner, Tony, 2018, Why is Education change so difficult and how can we make it more effective ?, Forskning &Forandring Research and Change, vol 1, no 1, 2018, 122-134
David Silverman, 2011, Qualitative Research, London; SAGE, 2011
Deci L. Edward, 1992, ON THE NATURE AND EUNCTIONS OE MOTIVATION THEORIES, PSYCHOLOGICAL SCIENCE, VOL. 3, NO. 3,
Direkrorat Jenderal. 2017. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun. Retrieved from
http://www.unm.ac.id/AIPT/files/ok/3/4 PEDOMAN_BIDIKMISI_2017.pdf
Elvina,Sharaeva, Liu Zhi Chao, 2019, A Study on the relationship between employee motivation and work performance, IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 21, Issue 3. Ser. II, PP 59-68
Etikan, Ilker, Sulaiman Abubakar Musa, Rukayya Sunusi Alkassim Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling, American Journal of Theoretical and Applied Statistics Vol. 5, No. 1,pp. 1-4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11,
Fred C. Lunenburg, 2010, School Guidance and Counseling Services, SCHOOLING VOLUME 1, NUMBER 1, p.1-9
https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/petunjuk/17#:~:text=Besaran%20Biaya%20Bidikmisi%20adalah%20sebesar,per%2Dsemester%20per%2Dmahasiswa. akses,12 Februarai 2022
https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/08/100600271/perbandingan-jumlah-siswa-yang-lolos-dan-gagal-snmptn-6-tahun-terakhir?page=all, akses 9 Februari 2022
Juliardi, M. S. 2017. Universitas Sebelas Maret Bidikmisi Applicant’s Classification using C4. 5 Algorithm. ITSMART: Jurnal Teknologi Dan Informasi, 6(1), 16–23.
Khadijah, Siti, Henny Indrawati, Suarman, 2017. Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Volume 26, Nomor 2, 178-187
Marie E. Sjanne, van den Groenendaal, Charissa Freese, Rob F. Poell, Dorien T. A. M. Kooij, 2021, Inclusive human resource management in freelancers' employment relationships: The role of organizational needs and freelancers' psychological contracts, Human Resource Management Journal, Hum Resour Manag J. 2022;1–17
Ngumi, Owen, Kimani Chege, 2016, The Role of Guidance and Counseling in Enhancing Student Discipline in Secondary Schools in Koibatek District, Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.7, No.13, 2016
Nkechi, Ebizie Elizabeth, Enajedu Esther Ewomaogheneet, Nkechi Egenti.all, 2016, The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning in Schools, International Journal of Multidisciplinary Studies, E-ISSN: 2456-3064 Volume I, No. 2, pp. 36-48.
O’neil, F, Harold & Michael Drillings, 2009,Motivation: Theory And Research, New York, Routledge
Pratiwi, R. 2019. Academic hardiness pada mahasiswa aktivis organisasi intra kampus. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. 2000, Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54-67. http://dx.doi.org/10.1006/ceps.1999.1020
Saeed, Sitwat & David Zyngier, 2021,How Motivation Influences Student Engagement: A Qualitative Case Study, Journal of Education and Learning; Vol. 1, No. 2; p.252-267
Sandra, Muhammad. 2017. Pola Perilaku Konsumsi Mahasiswa Bidikmisi 2013 (Studi Tentang Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi 2013 Universitas Riau). JOM FISIP, Vol. 4 No. 2.
Septian , Ayu, M. Ridwan Said Ahmad, 2020, DAMPAK PEMANFAATAN BEASISWA BIDIKMISI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, Jurnal Sosialisasi Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan Vol 7, Nomor 1, 14-20
Setiaji, Khasan dan Rachmawati ,2017, Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), Hal. 45-59
Sofiyanti, Ulfa & Sukirman, 2019, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal. 8(2), Hal. 453-469
Susanto, Ahmad, 2018, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Konsep, Teori dan Aplikasinya, Jakarta, Kencana
Syukur, Yarmis, Neviyarni, Triave Nuzila Zahri, 2019, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Padang; IRDH, 2019
Winkelman, Michael, 1994 cultural shock and adaption, journal of counseling and development; JHD, p.121-126
Velikova, PROBLEMS OF MOTIVATION AS A FUNCTION OF MANAGEMENT IN ORGANIZATIONS FROM THE SOCIAL SECTOR, INTERNATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL "SCIENCE. BUSINESS SOCIETY", WEB ISSN 2534-8485; PRINT ISSN 2367-8380, YEAR II, ISSUE 1, P.P.27-30
Xu, Xinpei, Gangmin Xu , Ming Liu and Ciping Deng, 2019, Influence of parental academic involvement on the achievement goal orientations of high school students in China: A latent growth model study, British Journal of Educational Psychology, DOI:10.1111/bjep.12326
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.