SUMBER DAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN HADITS
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.8132Kata Kunci:
Audiovisual, Hasil Belajar, MediaAbstrak
Penelitian ini mengkaji pentingnya sumber dan media pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Pendidikan Islam mencakup seluruh aspek kehidupan, dengan Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber utamanya. Topik ini dipilih karena pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada aspek spiritual dan moral, tetapi juga harus mampu mengintegrasikan teknologi dan media modern dalam proses pembelajaran. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan media yang tepat menjadi kunci untuk menjembatani siswa dengan tantangan dunia modern, memperkuat pemahaman agama, serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, mengumpulkan data dari buku, artikel, jurnal, dan sumber daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an, As-Sunnah, dan ijtihad merupakan sumber utama pendidikan Islam, sementara media pendidikan, baik yang tradisional maupun modern, terbukti efektif dalam merangsang minat belajar, memperkuat ingatan, dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini juga menekankan perlunya inovasi berkelanjutan dalam pengembangan media pendidikan Islam untuk menghadapi tantangan era digital, sekaligus memastikan bahwa nilai-nilai Islami tetap relevan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi
Achmad, Patoni. Islamic Education Science. Publisher CV. Eureka Media Aksara, 2022.
Ahmad Syafi’i. "Video Media in Learning Islamic Religion Education." Sinergi International Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (August 31, 2023): 48–54. doi:10.61194/ijis.v1i2.73.
Apiyani, Ani. "Optimalizing Human Resource Management In Islamic Education." Tahsinia Journal. Vol. 5, July 2024.
Arikunto, Suharsimi. Research Procedures Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Chairunnisa Chairunnisa, Najwa Ammara Jauza, Dita Adinda Fitri, Hafiz Khudri Tanjung, and Syahril Amin. "The Role of Learning Media in Islamic Education." Guruku: Journal of Education and Social Humanities 1, no. 3 (July 8, 2023): 116–30. doi:10.59061/guruku.v1i3.239.
Darajat, Zakiah. Science of Islamic Education. 1st ed. Vol. 11. Jakarta: BumiAksara, 2014.
Fauzi, Achmad, Mohammad Erihadiana, and Uus Ruswandi. "Global Issues and the Readiness of Pai Teachers in Facing Them." Journal of Madaniyah 10, no. 2 (August 2020).
Hamdi, Setria Utama Rizal, Muhammad Redha Anshari, and Nurul Hikmah. "Utilization of Digital Learning Media in Islamic Education to Increase Literacy and Innovation in the Era of Modern Technology." Proceeding of Saizu International Conference on Transdisciplinary Religious Studies, November 15, 2022, 48-55. doi:10.24090/icontrees.2022.228.
Haryanti, Nik. Islamic Education Science. Cet 1. Malang: Mount Samudera Publisher, 2013.
Hidayat, Rahmat. Islamic Education Science Guiding the Direction of Indonesian Islamic Education. Mold 1. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.
Hufron, Ahmad. "Learning Media Development (Review of Tafsir and Hadith Tarbawi)." LA-TAHZAN: Journal of Islamic Education 13, no. 2 (November 2021). doi:https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.220.
Indah Puspita, Syahvira, and Meilia Kumala Sari. "Media and Learning Resources in Islamic Education Learning." Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 5 (May 2024). https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr.
Khair, Hubbil. "The Qur’an and Hadith as the Basis of Islamic Education." Darul Ulum: Scientific Journal of Religion, Education and Society 13, no. 1 (2022).
Kharismatunisa, Ilma. "Innovation and Creativity of Islamic Religious Education Teachers in Utilizing Digital-Based Learning Media." Scaffolding: Journal of Islamic Education and Multiculturalism 5, no. 3 (September 23, 2023): 519–38. doi:10.37680/scaffolding.v5i3.3700.
Nasron, H, and Hafidzah Nurhasanah. "Islamic Religious Education Media and Learning Design." INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 11315-29.
Nurdin, and Muhammad Toto Nugroho. "The Role of Islamic Religious Learning in the Formation of Religious Character and Tolerance of Elementary School Students." JEE: Journal Evaluation in Education 1, no. 3 (2020).
Pirda, Bachtiar Syamsuddin, and Sitti Mutmainnah. "The Effectiveness of Audio Visual Media on Arabic Language Learning Outcomes in Speaking Skills of Class X Students of Sma Islam Athirah 2 Makassar," 2020.
Pito, Abdul Haris. "Learning Media in the Perspective of the Quran." Andragogy Journal of Technical Training 6, no. 2 (December 2018).
Pratama Abnisa, Almaydza. "The Effect of Learning Media on Islamic Religious Education Learning Outcomes at MTs Daarus Sa’adah Cipondoh Tangerang." EDUCATION: Journal of Education and Learning 4, no. 2 (2023): 2183-98. http://jurnaledukasia.org.
Septianingsih, Rifdah, Dessy Safitri, and Sujarwo. "Audio Visual Media in the Context of Ips Learning: Implications for Education in the Digital Age." SINDORO: Education Scholar 1, no. 5 (2023).
Sugiyono. Educational Research Methods: Quantitative, Qualitative, and R&D Approaches. Bandung: Alfabeta, 2015.
Surawan, and Muhammad Athaillah. Science of Islamic Education. Vol. 1. K-Media, 2021.
Umar. "The Role and Function of Educational Media in Learning." Journal of Tarbawiyah 11, no. 1 (July 2014).
Ya’cub, Mihmidaty. "Educational Media in the Perspective of Quran Hadith and Its Development." CENDEKIA: Journal of Islamic Studies 4, no. 2 (December 2018).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
