ORGANISASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.8116Kata Kunci:
Qur’anic Education, Educational Organisation, Islamic ValuesAbstrak
Organisasi merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia, membantu individu untuk mencapai tujuan bersama dalam berbagai hal, termasuk pendidikan. Manajemen menjadi saran penting dalam mengelola organisasi agar berjalan efektif dan produktif. Penelitian ini membahas pengorganisasian pendidikan dari perspektif Al-Qur’an, menyoroti pentingnya struktur dan pembagian tugas yang jelas serta adaptabilitas terhadap perubahan. Al-Qur’an, melalui konsep “at-tanzhim”, menekankan keteraturan dan pengaturan dalam pengorganisasian pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka, mengumpulkan data dari sumber-sumber kitab tafsir dan referensi relevan, serta menganalisisnya untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian dalam pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis tetapi juga pada pengembangan karakter. Prinsip-prinsip seperti amanah, keadilan, dan musyawarah merupakan hal esensi dalam menciptakan iklim pendidikan yang inklusif dan adil. Implementasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan dapat membentuk karakter peserta didik serta optimalnya sumber daya yang ada. Dengan demikian, institusi pendidikan diharapkan dapat merespons tantangan yang ada secara efektif sambil tetap berpegang pada prinsip-prinsip Islam.
Referensi
Angelya, Alifa Audy, Nurmalasari, Enggin Rios Saputra, Naziha Amani, Sukatin, and Mashudi Hariyanto. “Pengorganisasian Dalam Manajemen Pendidikan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi 2, no. 3 (December 19, 2022): 97–105. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.856.
Anisa, Resti Nur. “KEPEMIMPINAN RASULULLAH SAW.” Edu-Leadership 3, no. 1 (July 2023).
Aslinda, Aslinda, Dasrizal D, and Shofwan Karim Elhusen. “Human Resource Management Based on Islamic Values: Strengthening Employee Welfare in Educational Institutions.” Ruhama : Islamic Education Journal 7, no. 1 (May 28, 2024):https://doi.org/10.31869/ruhama.v7i1.5259.
Bainar. “Peluang Dan Tantangan Digitalisasi Bagi Pendidikan Agama Islam.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 2, no. 2 (December 2024). https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v2i2.1092.
Didi, Didi Sartika. “Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi Dan Merekonstruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Di Era Globalisasi).” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1, no. 2 (September 4, 2020): 177–94. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.23.
Fadila, Khoirunnisa. “Strategi Manajemen Pendidik Di Era Digitalisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sman 1 Na Ix-X.” Multatuli : Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 1 (2024): 1–21.
Faridah, Muhammad Hanafi Rumatiga, Hawirah, Kusnadi, and Sadali. “Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Al-Mubarak 9, no. 1 (2024).
Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. 7th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Fathuddin, Fauziah, Nurdin Nurdin, and Rustina Rustina. “The Challenges of Teaching Islamic Education In the Millennial Generation Era.” International Journal Of Contemporary Islamic Education 5, no. 1 (July 19, 2023): 1–14. https://doi.org/10.24239/ijcied.Vol5.Iss1.66.
Fathurrohman, Muhammad. “Pengorganisasian Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits: (Kajian Tafsir Tematik).” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 291–310.
Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 2003.
Hasnah, Sitti, Nugroho Susanto, Syafruddin Syahrudin, Moh. Solehuddin, Elsa Yuniarti, and Irawan Irawan. “Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab.” At-Ta’dib 18, no. 1 (June 28, 2023): 18–27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909.
Hayani, Ratu Amalia, Syafri Yanto, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi Syariah, N U Bengkulu, Azwar Rahmat, and Agung Cucu Purnawirawan. “EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Ilmiah Edukatif, 2024.
Hayati, Naila, and Eskarni Ushalli. “Transformation In Islamic Education: Integrating Ai And Machine Learning For Personalized Learning In Madrasah.” Journal of Scientech Research and Development 6, no. 2 (2024). https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR.
Hidayat, Rahmat, and H. Candra Wijaya. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. 1st ed. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2017.
Huda, Miftachul, Abd Hadi Borham, and Muhammad Iqbal Dewantara. “Opportunities and Challenges of Islamic Education in the Digital Era.” Ar-Fahruddin: Journal of Islamic Education, no. 1 (July 2024). https://doi.org/10.7401/j19t2q81.
Iswanti, Iswantir, and M. Yusuf. “Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam: Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwan Bukittinggi, Sumatera Barat.” Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman 10, no. 1 (2024).
Khasanah, Umi, and Lina Izza Mazida. “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kisah Al-Qur’an Sebagai Upaya Membudayakan Nilai-Nilai Keislaman.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 11 (November 21, 2021): 1975–86. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.361.
Martoatmodjo, Ganjar Winata. “MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN.” PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 2 (2023): 113–18.
Ma’ruf, M. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Didaktika Religia 3, no. 2 (2015): 19–35.
Muslim, Khidayat, Nur Aziz, Annisa Nurahmayanti, and Yayat Hidayat. “Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Islami Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 4 (July 2024).
Oktayani, Dewi. “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Persfektif Islam.” QTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 5, no. 2 (December 2016).
Puspitasari, Maya. “Kerjasama Dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (August 2022).
Putri, Rizka Firnanda Milenia. “Metodologi Penafsiran Al-Qur’an Dan Hadis Tentang Organizing Dan Relevansinya Dengan Manajemen Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sultan Agung 4, no. 2 (June 11, 2024): 102. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.36287.
———. “Metodologi Penafsiran Al-Qur’an Dan Hadis Tentang Organizing Dan Relevansinya Dengan Manajemen Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sultan Agung 4, no. 2 (June 11, 2024): 102. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.36287.
Rachmad, Ferizal, Ilyas Husti, and Nurhadi. “ Implementasi Nilai-Nilai Manajemen Dalam Hadits Tarbawi.” At-Thullab: Jurnal Of Islamic Studies 4, no. 1 (June 2023).
Rahmawati, Chusnul, Erika Nurhayani, Hilwa Karimah, Quanita Elisya, and Yayat Suharyat. “Perspektif Islam Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1, no. 4 (2023).
Ritonga, Asnil Aidah, Sartika Hutasuhut, Siti Rahma Ismiatun, Uswatun Hasanah, and Retno Pringadi. “Pengorganisasian Dalam Persfektif Al Quran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2022): 10502–10.
Rohmah, Noer. “Upaya Reformasi Pendidikan Melalui Implementasi School Based Management Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” JURNAL PUSAKA 1, no. 1 (2013).
Santoso, Seno. “Islamic Leadership: Prophet Muhammad as a Role Model of Charismatic, Transformational and Servant Leader.” Syntax Transformation 5, no. 7 (July 2024).
Sarnoto, Ahmad Zain, and Sri Tuti Rahmawati. “Quranic Perspective on Leadership in Educational Institutions.” IJEMS:The International Journal of Education Management And Sociology 1, no. 1 (October 2022): 8–13.
Siden, Lutvia S., Lukman Arsyad, and Arten Mobonggi. “Pengorganisasian Pendidikan Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadits.” Jurnal Al-Himayah 4, no. 1 (October 2020).
Subekti, Imam. “Pengorganisasian Dalam Pendidikan.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 3, no. 1 (March 17, 2022): 19–29. https://doi.org/10.35961/tanjak.v3i1.
Tanjung, Akbar, A. P. Hasiholan, and A. A. Rambe. “Organizing Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 216–22.
Taufik, Herman, and Muhammad Rusdi. “Teachers Challenges and Strategies in Facing the Digitalization Era in Islamic Education in Madrasahs in West Java Region.” West Science Islamic Studies 2, no. 04 (2024).
Untung, Moh. Slamet. Metodologi Penelitian: Teori Dan Praktik Riset Pendidikan Dan Sosial. Yogyakarta: Litera, 2022.
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
