MODEL OF PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT DEVELOPMENT WITH ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS ACCORDING TO THE MERDEKA LEARNING PERSPECTIVES
Abstrak
Penelitian ini berusaha untuk menganalisis model yang dikembangkan humas dengan lembaga pendidikan Islam se eks Karesidenan Pekalongan menurut perspektif Merdeka Belajar dengan menjadikan Madrasah Aliyah sebagai obyek penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan model manajemen hubungan masyarakat dengan lembaga pendidikan Islam pada tingkat MA dalam perspektif Merdeka Belajar yang dikembangkan, strategi yang digunakan dalam model pengembangan manajemen hubungan masyarakat dengan lembaga pendidikan Islam dalam perspektif Merdeka Belajar pada tingkat MA, dan dampak dari model pengembangan hubungan masyarakat tersebut terhadap madrasah. Lokasi penelitian ini ialah Madrasah Aliyah se eks Karesidenan Pekalongan Jawa Tengah. Data primer penelitian ini berupa model pengembangan humas dengan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Aliyah. Sedangkan data sekundernya ialah landasan teoretis yang diperoleh melalui kajian kepustakaan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi (triangulasi) dilengkapi dengan audio dan visual. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan manajemen hubungan masyarakat dengan lembaga pendidikan Islam pada tingkat MA yang digunakan ialah two way symetrical, two way asymetrical, public information. Sedangkan strategi yang digunakan lebih bertumpu pada pemanfaatan media. Dampak yang ditimbulkan dari model pengembangan manajemen hubungan masyarakat itu salah satunya adalah meningkatnya mutu madrasah tersebut.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abin, M. R. 2020. Fungsi Dan Peran Hubungan Masyarakat Di Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Al-Hikmah, 5 Tulungagung: Vol.8.
Amaliya. 2019. “Paradigma Sosialisasi dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak, Jurnal Al-Maiyyah, 2, (Publication: Vol. 11).
Amin, K. 2018. Direktur Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama Republik Indonesia. Jakarta. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/11/18/nf8lyd tiga-hal keunggulan-madrasah-dari-sekolah-umum.
Baharuddin dan Moh. Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN Maliki Press.
Casmiah. 2021. Buku Panduan Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Pemalang: MAN Pemalang.
Danim, S. 2010. Profesional dan Etika Profesi Guru. Jakarta: PT Pustaka.
Dokumentasi “Profil Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pekalongan Tahun Pelajaran 2016-2022.
Dokumentasi “Kurikulum Tingkat satuan pendidikan Madrasah Aliyah Salafiyah Syafiiyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021”, Pekalongan.
Dokumentasi “Profil Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022 Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang”, Pekalongan.
Dokumentasi, “Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Aliyah Ma’hadut Tolabah Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.
Hamidah, L. 2020. “Monitoring dan Evaluasi Humas Pemerintah dalam Penggunaan Media Sosial”, Jurnal Manajemen Komunikasi, 1, (Jakarta: Vol. 5).
Hermino, A. 2020. Merdeka Belajar di Era Global dalam Perspektif Manajemen Pendidikan, (Yogyajarta: Pustaka Pelajar).
Ismawati. 2018. “Peningkatan Mutu Madrasah Dininiyah Berbasis Masyarakat di Desa LajuKidul Singgahan Tuban, Jurnal Attaqwa, 2 (Tuban, Vol. 14).
Jaelani, D. I. 2018. “Manajemen Public Relations (Humas) Pendidikan Islam: Kajian Tematik Al Quran dan Hadits”, Jurnal ISTAWA Pendidikan Islam, 2.Lombok, Vol. 3.
Creswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, terjemahan Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2019. Dapodik untuk Kebijakan Zonasi Kementrian. Pendidikan dan Kebudayaan. Yogyakarta: Paradigma.
Kusumastuti, F. 2004. Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lawasi, E. S. 2017. “Pengaruh Komunikasi, Motivasu Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Keryawan”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1 (Malang, Vol. 5).
Lestari, R. 2018. “Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumalah Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan, 2 (Batusangkar, Vol.1).
Nurzalena. 2014. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Citra Perusahaan Menurut Ekonomi Islam”, Thesis, Universitas Islam Negeri Sultas Syarif Kasim Riau.
Observasi, MAN NU 01 Banyuputih Batang Pekalongan, Pada Tanggal 24 Agustus 2021, Pukul 09.00 WIB.
Programme For International Student Assessment (PISA), Tentang kualitas Pendididkaan di Indonesia Tahun 2019, (Puspendik, 2019).
Putra, G. N. 2020. “Media Sosial dan Interaktivitas dalam Dunia Publik Relations, Jurnal Bisnis Terapan, 1 (Yogyakarta: Vol. 4).
Ridlwan, Z. 2012. “Mekanisme Konsultasi Publik: Instrumen Pembangunan Good Govermance di Daerah”, Jurnal Ilmu Hukum, 3 (Lampung, Vol. 6).
Rozi, M. A. F. 2017. “Strategi Hubungan Masyarakat dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Edukasi, I, (Tulungagung, Vol.5).
Ruslan, R. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. 2013. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Safitri, et.al. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center”, Jurnal Ekonomi Bisnis, 1 ( Malang, Vol.1).
Sari, W. P. 2019. “Fungsi dan Peran Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Commucology. 1. Jakarta: Vol. 7.
Simatupang, O. 2020. “Kompetensi Humas Pemerintah dalam Menghadapi Revolusi 4.0”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan, 1 ( Medan, Vol. 21).
Sulistyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: ELKAF.
Sulkhi dan Iqbal Abd Ghoni, “Buku Panduan Madrasah Aliyah Al-Hikmah 2 Terpadu Malhikdua School, (Brebes: MA Al-Hikmah 2 Terpadu, 2014).
Sulkhi dan Iqbal Abd Ghoni. 2014. “Buku Panduan Madrasah Aliyah Al-Hikmah 2 Terpadu Malhikdua School, (Brebes: MA Al-Hikmah 2 Terpadu).
Suteja, J. 2019. “Menyoal Peran dan Eksistensi Alumni dalam Perguruan Tinggi”, Jurnal Education, 1 (Pasundan, Vol. 4).
Zubair, F. et.al. 2018. “Strategi Komunikasi Publik dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa terhadap Penerapan PTNHB” Jurnal Komunikasi, 2, (Padjajaran, Vol. 11).
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).