The SUI GENERIS SEKOLAH BERBASIS PESANTREN : STUDI KOMPARASI SMP AN-NIDA DAN MTS TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO

Penulis

  • Siti Lailiyah Universitas Sains Al Qur'an ##default.groups.name.author##
  • Robingun Suyud Elsyam Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo ##default.groups.name.author##
  • Rohatun Nihayah Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6449

Kata Kunci:

sui generis, comparative study, SMP An-Nida, MTs Takhasus

Abstrak

Artikel ini bertujuan menelisik Sui Generis Sekolah Berbasis Pesantren : Studi Komparasi SMP An-Nida dan MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, dengan memfokuskan pada ciri khas lembaga, dimana peneliti sebelumnya tidak menekankan terhadap hal tersebut. Artikel ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang fokusnya terhadap intensionalitas melalui wawancara mendalam. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah berbasis pesantren merupakan memiliki ciri khas (Sui Generis) yang membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya. Masing-masing lembaga ini memiliki kekhasan yang menjadikan mereka tetap eksis dan mempunyai konsumen yang berbeda pula. Keragaman ini menjadikan mahakarya yang diciptakan oleh figure cetral dari setiap lembaga tersebut. Titik temu dari keberagaman tersebut, yakni kesemuanya memiliki tujuan yang sama, dalam rangka tafaqquh fi al-din (mendalami ilmu agama). Melalui wawancara mendalam ditemukan bahwa Sui Generis di SMP An-Nida' Islamic Boarding School, terletak pada metode Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), adapun di MTs  Takhassus Al-Qur’an, menekankan pada penguasaan kitab kuning. Implikasi penelitian: pentingnya memahami perbedaan dari sekolah berbasis pesantren sebagai Sui Generis, bukan sebagai sebuah perpecahan. Penelitian merekomendasikan bagi pakar dan peneliti guna meneliti lebih jauh pada area yang lebih spesifik dan esensi yang lebih mendalam.

Referensi

Amin, S. (2023, November 11). Hasil wawancara tentang peraturan dan pembelajaran di MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo dan Pondoknya.
Ardiansyah, L., & Dardiri, A. (2019). Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.22626
Astuti, R. B. (2023, November 1). Hasil wawancara tentang pembelajaran di pondok An Nida’ Islamic Boarding School Tawangsari Wonosobo.
Bernier, A., Busse, C., & Bubela, T. (2023). Public Biological Databases and the Sui Generis Database Right. IIC International Review of Intellectual Property and Competition Law, 54(8), 1316–1358. https://doi.org/10.1007/s40319-023-01373-0
Candel, T. U., & D’Ambrosio, S. G. (2022). Creating Inclusive and Equal Cultural Spaces in the El Prado Museum: “Sui Géneris - Art, Advertising and Stereotypes.” Arteterapia, 17(12), 85–96. https://doi.org/10.5209/arte.75789
Chotimah, C., Syah, B. A., & Sulton, M. (2021). Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Di Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk. Jurnal Education and Development, 9(3), 65–69. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2676
Damayanti, C., & Sasongko, Y. P. D. (2021). Restorasi Dunia Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Paulo Freire. Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(1), 61–70. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/23
Fachrudin, B. Y. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 91–108.
Hanani, N. (2022). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2). https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.505
Liubov, M. (2021). Artificial intelligence and sui generis right: A perspective for copyright in ukraine? Access to Justice in Eastern Europe, 3(11), 144–154. https://doi.org/10.33327/AJEE-18-4.3-n000076
Luthfi, R. (2022). Ilmu Hukum Disiplin Ilmu yang Bersifat Sui Generis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14618–14623. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4740
Mortari, L., Valbusa, F., Ubbiali, M., & Bombieri, R. (2023). The Empirical Phenomenological Method: Theoretical Foundation and Research Applications. Social Sciences, 12(7), 1–22. https://doi.org/10.3390/socsci12070413
Oxford University Press. (2022). Definition of Sui Generis. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/
Paliy, V. V. (2023). Complicity of a Special Kind (sui generis): Definition, Essence and Main Features. Courier of Kutafin Moscow State Law University (MSAL)), 1(10), 81–88. https://doi.org/10.17803/2311-5998.2022.98.10.081-088
Paul, J. (2023). Traditional Knowledge Protection and Digitization: A Critical Decolonial Discourse Analysis. International Journal for the Semiotics of Law, 36(6), 1–24. https://doi.org/10.1007/s11196-023-09989-8
Perestrelo, R., Jaouhari, Y., Abreu, T., Castillo, M. M., Travaglia, F., Pereira, J. A. M., Câmara, J. S., & Bordiga, M. (2023). The Fingerprint of Fortified Wines—From the Sui Generis Production Processes to the Distinctive Aroma. Foods, 12(13), 2558. https://doi.org/10.3390/foods12132558
Ridwan, W., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Penguatan Karakter Siswa pada Sekolah Berbasis Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 623–629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1473
Riyani, I. (2023). Masadepan Pesantren Pasca Diundangkannya UU No. 18 Tahun 2019 dan PERPRES No. 82 Tahun 2021. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(01), 32–51. https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.9276
Rohani, S. (2023, November 11). Hasil wawancara tentang budaya dan pembelajaran di MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo dan Pondoknya.
Rozi, F., & Aminullah, M. (2021). Inovasi Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. MANAZHIM, 3(2), 183–200. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1286
Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1
Setiawan, D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4606–4610. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1101
Seyman Guray, T., & Kismet, B. (2023). VR and AR in construction management research: bibliometric and descriptive analyses. Smart and Sustainable Built Environment, 12(3), 635–659. https://doi.org/10.1108/SASBE-01-2022-0015
Solikhah, M. N. (2023, November 1). Hasil wawancara tentang pembiasaan atau adat sekolah dan pondok An Nida’ Islamic Boarding School Tawangsari Wonosobo.
Spies, E., & Schrode, P. (2020). Religious engineering: exploring projects of transformation from a relational perspective. Religion, 51(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/0048721X.2020.1792053
Sugiyanto, N. W., & Santosa, S. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Pesantren. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 90–115. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.105
Suyitno, M. (2022). Model Kurikulum Pendidikan Terpadu Berbasis Nilai Keagamaan. Journal of Educational and Language Research, 1(8), 1197–1206. https://doi.org/10.53625/joel.v1i8.1751
Wulandari, F., Suparman, E., Palar, M. R. A., & Amirulloh, M. (2023). Sui generis system: GI protection for the herbal product in Indonesia as communal property right. Cogent Social Sciences, 9(1), 2176989. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

“The SUI GENERIS SEKOLAH BERBASIS PESANTREN : STUDI KOMPARASI SMP AN-NIDA DAN MTS TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO”. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (1): 118-31. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6449.