The SUI GENERIS SEKOLAH BERBASIS PESANTREN : STUDI KOMPARASI SMP AN-NIDA DAN MTS TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6449Kata Kunci:
sui generis, comparative study, SMP An-Nida, MTs TakhasusAbstrak
Artikel ini bertujuan menelisik Sui Generis Sekolah Berbasis Pesantren : Studi Komparasi SMP An-Nida dan MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo, dengan memfokuskan pada ciri khas lembaga, dimana peneliti sebelumnya tidak menekankan terhadap hal tersebut. Artikel ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang fokusnya terhadap intensionalitas melalui wawancara mendalam. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah berbasis pesantren merupakan memiliki ciri khas (Sui Generis) yang membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya. Masing-masing lembaga ini memiliki kekhasan yang menjadikan mereka tetap eksis dan mempunyai konsumen yang berbeda pula. Keragaman ini menjadikan mahakarya yang diciptakan oleh figure cetral dari setiap lembaga tersebut. Titik temu dari keberagaman tersebut, yakni kesemuanya memiliki tujuan yang sama, dalam rangka tafaqquh fi al-din (mendalami ilmu agama). Melalui wawancara mendalam ditemukan bahwa Sui Generis di SMP An-Nida' Islamic Boarding School, terletak pada metode Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), adapun di MTs Takhassus Al-Qur’an, menekankan pada penguasaan kitab kuning. Implikasi penelitian: pentingnya memahami perbedaan dari sekolah berbasis pesantren sebagai Sui Generis, bukan sebagai sebuah perpecahan. Penelitian merekomendasikan bagi pakar dan peneliti guna meneliti lebih jauh pada area yang lebih spesifik dan esensi yang lebih mendalam.
Referensi
Ardiansyah, L., & Dardiri, A. (2019). Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.22626
Astuti, R. B. (2023, November 1). Hasil wawancara tentang pembelajaran di pondok An Nida’ Islamic Boarding School Tawangsari Wonosobo.
Bernier, A., Busse, C., & Bubela, T. (2023). Public Biological Databases and the Sui Generis Database Right. IIC International Review of Intellectual Property and Competition Law, 54(8), 1316–1358. https://doi.org/10.1007/s40319-023-01373-0
Candel, T. U., & D’Ambrosio, S. G. (2022). Creating Inclusive and Equal Cultural Spaces in the El Prado Museum: “Sui Géneris - Art, Advertising and Stereotypes.” Arteterapia, 17(12), 85–96. https://doi.org/10.5209/arte.75789
Chotimah, C., Syah, B. A., & Sulton, M. (2021). Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Di Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk. Jurnal Education and Development, 9(3), 65–69. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2676
Damayanti, C., & Sasongko, Y. P. D. (2021). Restorasi Dunia Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Paulo Freire. Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(1), 61–70. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/23
Fachrudin, B. Y. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 91–108.
Hanani, N. (2022). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2). https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.505
Liubov, M. (2021). Artificial intelligence and sui generis right: A perspective for copyright in ukraine? Access to Justice in Eastern Europe, 3(11), 144–154. https://doi.org/10.33327/AJEE-18-4.3-n000076
Luthfi, R. (2022). Ilmu Hukum Disiplin Ilmu yang Bersifat Sui Generis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14618–14623. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4740
Mortari, L., Valbusa, F., Ubbiali, M., & Bombieri, R. (2023). The Empirical Phenomenological Method: Theoretical Foundation and Research Applications. Social Sciences, 12(7), 1–22. https://doi.org/10.3390/socsci12070413
Oxford University Press. (2022). Definition of Sui Generis. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/
Paliy, V. V. (2023). Complicity of a Special Kind (sui generis): Definition, Essence and Main Features. Courier of Kutafin Moscow State Law University (MSAL)), 1(10), 81–88. https://doi.org/10.17803/2311-5998.2022.98.10.081-088
Paul, J. (2023). Traditional Knowledge Protection and Digitization: A Critical Decolonial Discourse Analysis. International Journal for the Semiotics of Law, 36(6), 1–24. https://doi.org/10.1007/s11196-023-09989-8
Perestrelo, R., Jaouhari, Y., Abreu, T., Castillo, M. M., Travaglia, F., Pereira, J. A. M., Câmara, J. S., & Bordiga, M. (2023). The Fingerprint of Fortified Wines—From the Sui Generis Production Processes to the Distinctive Aroma. Foods, 12(13), 2558. https://doi.org/10.3390/foods12132558
Ridwan, W., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Penguatan Karakter Siswa pada Sekolah Berbasis Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 623–629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1473
Riyani, I. (2023). Masadepan Pesantren Pasca Diundangkannya UU No. 18 Tahun 2019 dan PERPRES No. 82 Tahun 2021. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(01), 32–51. https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.9276
Rohani, S. (2023, November 11). Hasil wawancara tentang budaya dan pembelajaran di MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo dan Pondoknya.
Rozi, F., & Aminullah, M. (2021). Inovasi Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. MANAZHIM, 3(2), 183–200. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1286
Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1
Setiawan, D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4606–4610. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1101
Seyman Guray, T., & Kismet, B. (2023). VR and AR in construction management research: bibliometric and descriptive analyses. Smart and Sustainable Built Environment, 12(3), 635–659. https://doi.org/10.1108/SASBE-01-2022-0015
Solikhah, M. N. (2023, November 1). Hasil wawancara tentang pembiasaan atau adat sekolah dan pondok An Nida’ Islamic Boarding School Tawangsari Wonosobo.
Spies, E., & Schrode, P. (2020). Religious engineering: exploring projects of transformation from a relational perspective. Religion, 51(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/0048721X.2020.1792053
Sugiyanto, N. W., & Santosa, S. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Pesantren. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 90–115. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.105
Suyitno, M. (2022). Model Kurikulum Pendidikan Terpadu Berbasis Nilai Keagamaan. Journal of Educational and Language Research, 1(8), 1197–1206. https://doi.org/10.53625/joel.v1i8.1751
Wulandari, F., Suparman, E., Palar, M. R. A., & Amirulloh, M. (2023). Sui generis system: GI protection for the herbal product in Indonesia as communal property right. Cogent Social Sciences, 9(1), 2176989. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
