PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA MELALUI METODE TASMI’ (TALQIN), TAFAHUM, TIKRAR DAN MUROJAAH SEKOLAH LUAR BIASA MAHARANI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4728Kata Kunci:
anak berkebutuhan khusus, metode tasmi, tafahum, tikrar, murojaahAbstrak
Artikel ini meneliti tentang pembelajaran anak berkebutuhan khusus tunanetra dalam menghafal Al-Qu’an dengan menggunakan metode tasmi’ (talqin), tafahum, tikrar dan murojaah (3t 1m) di sekolah luar biasa maharani. Metode 3t 1m ini merupakan metode yang efektif dan cocok untuk diterapkan pada anak yang belajar tahfidz Al-Qur’an termasuk anak tunanetra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan langkah-langkah penggunaan metode 3t 1m dan implikasi program tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakn metode 3t 1m. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat dalam menghafal dengan metode 3t 1m ini adalah adanya peningkatan hafalan Al-Qur’an anak
Referensi
Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2, no. 2 (2018): 181–198.
Cv, Asrori Penerbit, and Pena Persada. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner by Asrori (z-Lib.Org), n.d.
Dermawan, Oki. “Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 6, no. 2 (2018): 886–897.
Feranina, Tresna Mega, and Cucu Komala. “Sinergitas Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Anak.” Jurnal Perspektif 6, no. 1 (2022): 1.
Hidayah, Aida. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia).” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 18, no. 1 (2018): 51.
Khoriyah, R, C Cholifah, and ... “Implementasi Metode 3T+ 1M Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di Sdn 2 Tawangrejo ….” Pionir: Jurnal … 11, no. 3 (2022): 16–30. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/14853.
Lubis, Awwaliya Mursyida, and Syahrul Ismet. “Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini Di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang.” Aulad : Journal on Early Childhood 2, no. 2 (2019): 8–14.
M. Maftuhin, A. Jauhar Fuad. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.” An-nafs: Vol. 3No. 1 3, no. 1 (2018): 76–90.
Mardhiyah, Annisa Nurul, and Ayub Ilfandy Imran. “Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Melalui Komunikasi Interpersonal.” Nyimak: Journal of Communication 3, no. 2 (2019): 97.
Mashuri, Imam, and dkk. “Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas IX MTs Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi.” TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 99–122.
Praptaningrum, Agnes. “Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat Smp Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 5, no. 1 (2020): 1.
Putri, Mesya Antama, and Jon Efendi. “Pelaksanaan Tahfizd Al-Qur’an Bagi Anak Tunanetra Di Sekolah Berasrama Di SLB A Payakumbuh.” Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 6 Nomor I 6 (2018): 314–319.
Romziana dkk, Luthviyah. “Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 5, no. 1 (2021): 161–167. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/14095.
Rudiyati, Sari. “Latihan Kepekaan Dria Non-Visual Bagi Anak Tunanetra Buta.” JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2009.
———. “Pembelajaran Membaca Dan Menulis Braille Permulaan Pada Anak Tunanetra.” Jassi Anakku 9, no. 1 (2012): 57.
Syahwani, U. “STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IX MTs NEGERI KETAPANG.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (2015). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11346.
Umayah, Laili Nur, and Muhammad Misbah. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6, no. 1 (2021): 1–15.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
