STRATEGI KYAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AN-NADHIRA KALIBEBER WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4727Kata Kunci:
strategi kyai, motivasi menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren An-NadhiraAbstrak
Adapun tujuan dari peneliti ini pertama untuk mengetahui strategi yang digunakan kyai untuk meningkatkan motivasi setiap santri dalam menghafal Al-Qur’an, kedua mengetahui hambatan santri ketika menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa strategi kyai dalam meningkatkan motivasi santri pondok pesantren An-Nadhira sangatlah berpengaruh dalam menghafal Al-Qur’an. Berbagai macam strategi yang digunakan oleh kyai antara lain ialah CBSA (Cara Belajar Aktif Santri) ini adalah salah satu strategi yang sangat banyak mempengaruhi semangat santri dalam menghafalkan, kemudian ada ceramah dan mengkaji hadist-hadist pendek untuk mempengaruhi santri dalam menghafal dengan pengaplikasian di kehidupan nyata. 2) hambatan yang dilakukan dalam melaksanakan strategi yang diberikan kyai terhadap santri sangatlah banyak terutama kesadaran dalam diri serta tumbuh dalam diri santri sifat malas yang dapat memengaruhi jiwa santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Serta merasa bahwa waktu istirahat yang terlalu singkat, kegiatan padat diluar pondok, serta hambatan yang lain.
Referensi
Haudi, 2021. Strategi Pembelajaran, Cet 1, Sumatra Barat: Insan Cendikiawan Mandiri.
Ilyas, M., Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an, Al- Liqo: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 No. 01 (2020), hal. 3, DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140, https://ejournal.stai- tbh.ac.id/index.php/al- liqo/article/view/140/125
Kusdiana, Ading, 1945, Sejarah Pesantren, Jejak,Penyebaran, Dan Jaringannya Di Wilayah Priangan (1800).
Wandini, Rora Rizky, dkk., Implementasi Metode Takrir dalam Menghafal Al- Qur’an Jenjang Anak Usia Dasar Di Islamic Center Medan, AR- RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4, no. 1, 2020, hal., 72, DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd. v4i1.1416 http://journal.iaincurup.ac.id/index.p hp/JPD/article/view/1416/940
Lestari, Endang Titik, 2020. Cara Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar, Cet I, Yogyakarta: Deepublish.
Wahidi Ridhoul dan Rofiul Wahyudi, 2016. Sukses Menghafal Al- Qur’an Meski Sibuk Kuliah, Cet 1,Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
