STRATEGI KYAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AN-NADHIRA KALIBEBER WONOSOBO

Penulis

  • Lilik Ifatul Fauziyah Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ##default.groups.name.author##
  • Abdul Majid Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Sains Al-Qur'an ##default.groups.name.author##
  • M. Yusuf Amin Nugroho Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Sains Al-Qur'an ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4727

Kata Kunci:

strategi kyai, motivasi menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren An-Nadhira

Abstrak

Adapun tujuan dari peneliti ini pertama untuk mengetahui strategi yang digunakan kyai untuk meningkatkan motivasi setiap santri dalam menghafal Al-Qur’an, kedua mengetahui hambatan santri ketika menghafal   Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa strategi kyai dalam meningkatkan motivasi santri pondok pesantren An-Nadhira sangatlah berpengaruh dalam menghafal Al-Qur’an. Berbagai macam strategi yang digunakan oleh kyai antara lain ialah CBSA (Cara Belajar Aktif Santri) ini adalah salah satu strategi yang sangat banyak mempengaruhi semangat santri dalam menghafalkan, kemudian ada ceramah dan mengkaji hadist-hadist pendek untuk mempengaruhi santri dalam menghafal dengan pengaplikasian di kehidupan nyata. 2) hambatan yang dilakukan dalam melaksanakan strategi yang  diberikan  kyai  terhadap  santri  sangatlah  banyak  terutama  kesadaran  dalam  diri  serta tumbuh dalam diri santri sifat malas yang dapat memengaruhi jiwa santri dalam menghafalkan Al-Qur’an.   Serta merasa bahwa waktu istirahat yang terlalu singkat, kegiatan padat diluar pondok, serta hambatan yang lain.

Referensi

Cahya, Eza Setia, 2019, Hafalkan! Renungan Motivasi Bagi Para Penghafal Kalam-Nya, Jombang; Guepedia.
Haudi, 2021. Strategi Pembelajaran, Cet 1, Sumatra Barat: Insan Cendikiawan Mandiri.
Ilyas, M., Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an, Al- Liqo: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 No. 01 (2020), hal. 3, DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140, https://ejournal.stai- tbh.ac.id/index.php/al- liqo/article/view/140/125
Kusdiana, Ading, 1945, Sejarah Pesantren, Jejak,Penyebaran, Dan Jaringannya Di Wilayah Priangan (1800).
Wandini, Rora Rizky, dkk., Implementasi Metode Takrir dalam Menghafal Al- Qur’an Jenjang Anak Usia Dasar Di Islamic Center Medan, AR- RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4, no. 1, 2020, hal., 72, DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd. v4i1.1416 http://journal.iaincurup.ac.id/index.p hp/JPD/article/view/1416/940
Lestari, Endang Titik, 2020. Cara Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar, Cet I, Yogyakarta: Deepublish.
Wahidi Ridhoul dan Rofiul Wahyudi, 2016. Sukses Menghafal Al- Qur’an Meski Sibuk Kuliah, Cet 1,Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-10

Cara Mengutip

“STRATEGI KYAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AN-NADHIRA KALIBEBER WONOSOBO”. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (1): 175-81. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4727.