METODE, MEDIA, DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH
covid-19, pembelajaran PAI, pembelajaran daring, madrasah
Abstract
Corona virus disease (COVID)-19 telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat, termasuk dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Aliah. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka mau tidak mau mesti dilaksanakan secara daring. Fenomena ini menarik penulis untuk melakukan kajian dengan pendekatan fenomenologi, khususnya berkaitan dengan metode, media, dan problematika pembelajaran PAI berbasis daring di tingkat Madrasah Aliah yang dilaksanakan pada awal masa Pandemi Covid-19. Kajian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yakni: pertama, pembelajaran berbasis daring dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode di antaranya metode penugasan, ceramah, kuis, dan diskusi. Media daring yang digunakan di antaranya aplikasi WhatsApp dan Telegeram, Youtube, Facebook, Instagram, Google Classroom, Google Meeting, Zoom, dan website sekolah, dan blog. Beberapa problem yang muncul di antaranya, keterbatasan akses internet, kurang familiarnya dalam penggunaan media, pembelajaran yang kurang interaktif, dan sistem evaluasi yang kurang efektif.
Downloads
References
Global Education Census Report. 2018. Cambridge Assessment International Education Shaftesbury Road, United Kingdom: Cambridge CB2 8EA.
https://coronavirus.jhu.edu/ | Diakses, 19 Juli 2020.
https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-18-juli-2020 | Diakses, 19 Juli 2020.
https://id.wikipedia.org/wiki/Dalam_jaringan_dan_luar_jaringan | Diakses, 19 Juli 2020.
https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System | Diakses, 17 Juli 2020.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring | Diakses, 19 Juli 2020.
https://www.cambridgeinternational.org/news/news-details/view/indonesian-students-among-the-worlds-highest-users-of-technology-27-nov2018/ Diakses, 18 Juli 2020.
Nugroho, M. Yusuf Amin, "Pemanfaatan dan Pengembangan Blog Sebagai Media Dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Tingkat Madrasah Tsanawiyah" dalam Jurnal Para Murabbi, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2018.
Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Yayasan Kita Menulis.
Surya, Mohamad. 2004. Bunga Rampai Guru dan Pendidikan, cet. 1 Jakarta: Balai Pustaka.
Susilana, R. & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).