METODE, MEDIA, DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH

  • M. Yusuf Amin Nugroho Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo
Keywords:
covid-19, pembelajaran PAI, pembelajaran daring, madrasah

Abstract

Corona virus disease (COVID)-19 telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat, termasuk dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Aliah. Pembelajaran yang  biasanya dilaksanakan secara tatap muka mau tidak mau mesti dilaksanakan secara daring. Fenomena ini menarik penulis untuk melakukan kajian dengan pendekatan fenomenologi, khususnya berkaitan dengan metode, media, dan problematika pembelajaran PAI berbasis daring di tingkat Madrasah Aliah yang dilaksanakan pada awal masa Pandemi Covid-19. Kajian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yakni: pertama, pembelajaran berbasis daring dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode di antaranya metode penugasan, ceramah, kuis, dan diskusi. Media daring yang digunakan di antaranya aplikasi WhatsApp dan Telegeram, Youtube, Facebook, Instagram, Google Classroom, Google Meeting, Zoom, dan website sekolah,  dan blog. Beberapa problem yang muncul di antaranya, keterbatasan akses internet, kurang familiarnya dalam penggunaan media, pembelajaran yang kurang interaktif, dan sistem evaluasi yang kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Munawar, Fathurrohman, "Pengembangan Multimedia berbantuan Komputer dalam Pembelajaran Tafsir Al-Qur’an di PTAI" dalam Jurnal Al-Qalam Vol. 01/I/2007.
Global Education Census Report. 2018. Cambridge Assessment International Education Shaftesbury Road, United Kingdom: Cambridge CB2 8EA.
https://coronavirus.jhu.edu/ | Diakses, 19 Juli 2020.
https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-18-juli-2020 | Diakses, 19 Juli 2020.
https://id.wikipedia.org/wiki/Dalam_jaringan_dan_luar_jaringan | Diakses, 19 Juli 2020.
https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System | Diakses, 17 Juli 2020.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring | Diakses, 19 Juli 2020.
https://www.cambridgeinternational.org/news/news-details/view/indonesian-students-among-the-worlds-highest-users-of-technology-27-nov2018/ Diakses, 18 Juli 2020.
Nugroho, M. Yusuf Amin, "Pemanfaatan dan Pengembangan Blog Sebagai Media Dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Tingkat Madrasah Tsanawiyah" dalam Jurnal Para Murabbi, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2018.
Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Yayasan Kita Menulis.
Surya, Mohamad. 2004. Bunga Rampai Guru dan Pendidikan, cet. 1 Jakarta: Balai Pustaka.
Susilana, R. & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2020-12-01
How to Cite
NugrohoM. Yusuf. 2020. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 (2), 1-14. Accessed December 26, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1573.

STATISTICS

Abstract viewed = 500 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 343 times