PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BENDUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4656Kata Kunci:
Pembelajaran, Metode Yanbu’a, Anak Usia DiniAbstrak
Pembelajaran metode Yanbu’a sangat lazim pada Taman Pendidikan Al-Qur’an tepatnya di TPQ bendungan ini. Masalah pokok yang sering dihadapi anak yaitu kurangnya kelancaran membaca pada huruf hijaiyah. Karena pada setiap anak belum sepenuhnya bisa membaca dengan lancar, terkadang ada yang masih diajarkan cara membacanya tanpa berjalan sendiri. Tujuan penelitian disini adalah untuk mengetahui pembelajaran pembelajaran metode Yanbu’a dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Bendungan. Langkah-langkah pembelajaran metode Yanbu’a yakni membaca doa memulai belajar, pembacaan asmaul husna, pembacaan sholawat kalamun qodimun, dan al-fatihah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di TPQ Bendungan. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pembelajaran metode Yanbu’a yaitu sebagian anak masih belum lancar dalam membaca huruf hijaiyah di TPQ Bendungan. Oleh sebab itu, metode Yanbu’a sangat penting di lakukan sehari-hari. Agar dapat memperlancar bacaan anak pada huruf hijaiyah.
Referensi
Shobirin, Ahmad. 2009. Risalatul Umat, Kediri: PPHM Lirboyo
Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. ed. Jawa Barat. oleh CV Jejak.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mubasyaroh. 2008. Materi Dan Pembelajaran Aqidah Ahklak. Kudus: STAIN.
Kementrian Agama RI. 2011. Al-Qur’an & Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya.
Ahmad Fatah dan Muchamad Hidayatullah. 2021. Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Alquran Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian. Volume 15, Nomor 1.
Ustman, Ustadz TPQ Bendungan, Wawancara oleh Penulis di TPQ Bendungan Mutisari, Watumalang, Wonosobo Pada Tanggal 26 Februari 2023
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
