PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BENDUNGAN

Penulis

  • Muhammad Saefullah Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Sains Al-Qur'an ##default.groups.name.author##
  • Siti Lailiyah Universitas Sains Al Qur'an ##default.groups.name.author##
  • Dina Rosyana Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Sains Al-Qur'an ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4656

Kata Kunci:

Pembelajaran, Metode Yanbu’a, Anak Usia Dini

Abstrak

Pembelajaran metode Yanbu’a sangat lazim pada Taman Pendidikan Al-Qur’an tepatnya di TPQ bendungan ini. Masalah pokok yang sering dihadapi anak yaitu kurangnya kelancaran membaca pada huruf hijaiyah. Karena pada setiap anak belum sepenuhnya bisa membaca dengan lancar, terkadang ada yang masih diajarkan cara membacanya tanpa berjalan sendiri.  Tujuan penelitian disini adalah untuk mengetahui pembelajaran pembelajaran metode Yanbu’a dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Bendungan. Langkah-langkah pembelajaran metode Yanbu’a yakni membaca doa memulai belajar, pembacaan asmaul husna, pembacaan sholawat kalamun qodimun, dan al-fatihah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di TPQ Bendungan. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pembelajaran metode Yanbu’a yaitu sebagian anak masih belum lancar dalam membaca huruf hijaiyah di TPQ Bendungan. Oleh sebab itu, metode Yanbu’a sangat penting di lakukan sehari-hari. Agar dapat memperlancar bacaan anak pada huruf hijaiyah.

Referensi

Arwani, Ulinnuha Muhammad. 2009. Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an Yanbu’a. Kudus: Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an.
Shobirin, Ahmad. 2009. Risalatul Umat, Kediri: PPHM Lirboyo
Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. ed. Jawa Barat. oleh CV Jejak.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mubasyaroh. 2008. Materi Dan Pembelajaran Aqidah Ahklak. Kudus: STAIN.
Kementrian Agama RI. 2011. Al-Qur’an & Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya.
Ahmad Fatah dan Muchamad Hidayatullah. 2021. Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Alquran Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian. Volume 15, Nomor 1.
Ustman, Ustadz TPQ Bendungan, Wawancara oleh Penulis di TPQ Bendungan Mutisari, Watumalang, Wonosobo Pada Tanggal 26 Februari 2023

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

“PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BENDUNGAN”. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (1): 190-96. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4656.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama