Penguatan Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Di Insan Cendekia Serpong
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4480Kata Kunci:
Penguatan pengembangan kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah, Insan CendekiaAbstrak
Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana penguatan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah ini yang dianggap memiliki keunggulan yang baik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode ini informasi dapat diperoleh peneliti melalui website, jurnal, info sekolah dan lain-lainnya. Dalam analisis data, peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan awal menyatakan bahwa pengembangan pendidikan yang ada pada Madrasah Insan Cendikia yang notabene merupakan sekolah bertaraf internasional ternyata memiliki penguatan yang kuat melalui banyak program-program, kegiatan, strategi, kurikulum, evaluasi dan lain sebagainya, yang sengaja dibuat oleh para pendirinya. Sedangkan dalam peningkatan kualitas Pendidikan, madrasah ini mengintegrasikan program sekolah dengan program asrama, membangun budaya sekolah dan jaringan, serta meningkatkan sumber daya manusia dan fasilitas.
Referensi
Apud, Apud. “MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MAN INSAN CENDEKIA.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 02 (December 17, 2018): 171–90. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229.
Aswirna, Prima. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERTARAF INTERNASIONAL.” Accessed July 20, 2022. https://www.academia.edu/34847419/PENGEMBANGAN_KURIKULUM_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_TERPADU_DI_SEKOLAH.
Bakhri, Amirul. “TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH PADA ERA GLOBALISASI,” 2015, 24.
Basyar, Muhammad Khairul. “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI MODEL ADDIE DI SMP INSAN CENDEKIA MENDIRI BOARDING SCHOOL, SIDOARJO.” Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (May 31, 2020): 44–57. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033.
Choli, Ifham. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN INDUSTRI 4.0.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (July 14, 2020): 20–40. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891.
Harahap, Miswar. “Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Tapanuli Selatan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.” Masters, IAIN Padangsidimpuan, 2019. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4244/.
Harahap, Mora Pemimpin. “Analisis kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP IT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan.” Masters, IAIN Padangsidimpuan, 2019. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2918/.
Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (December 25, 2021): 28–38.
Ihsan, M. “Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 6, no. 1 (July 31, 2018): 175–92. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3832.
Lazwardi, Dedi. “IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam VII (2017): 15.
Marom, Achmad Nur Naufal. “Implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020. http://etheses.uin-malang.ac.id/16092/.
adoc.pub. “PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (STUDI DI SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG) - PDF Free Download.” Accessed July 20, 2022. https://adoc.pub/pengembangan-kurikulum-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam.html.
Rahman, Arif, and Zalik Nuryana. Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0, 2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xwp6.
Saumur, Amanan Soleman, and Fajri Jufri Jufri. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI RELEGIUS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA HALMAHERA BARAT.” Amanah Ilmu 2, no. 1 (July 1, 2022): 27–37.
Sukanti, Sukanti. “EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 5, no. 2 (2006). https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1781.
Sumarni, Sumarni, and Opik Abdurrahman Taufik. “Evaluasi Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Kota Batam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 3 (December 29, 2020): 270–86. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.899.
Syaifuddin, Mohammad. “Strategi Manajemen Struktur Kurikulum Integratif Di MAN Insan Cendekia Pekalongan.” Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam 16, no. 1 (June 30, 2021): 39–52. https://doi.org/10.32923/taw.v16i1.1617.
Wulandari, Trisna. “Mengenal MAN Insan Cendekia Serpong, Sekolah Terbaik Gagasan Habibie.” detikedu. Accessed August 9, 2022. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5598366/mengenal-man-insan-cendekia-serpong-sekolah-terbaik-gagasan-habibie.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
