KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.2167Kata Kunci:
kepemimpinan, Islam, karakteristik, pendidikanAbstrak
Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa hari ini banyaknya terjadi perbedaan pendapat dari para elit politik, negarawan bahkan para ulama di negeri Indonesia tentang layaknya seorang pemimpin serta karakter personil calon pemimpin itu sendiri yang ideal bagi negeri dan paham ideologikan pancasila. Negeri yang majemuk dengan banyaknya suku, budaya bahkan Agama ini telah mengundang kontroversi yang cukup panjang dan berkelanjutan bahkan tak jarang saling adu argumen, saling hujat satu sama lain dengan cara beracam hujjah yang di lontarkan sebagai referensi demi mempertahankan argumen masing-masing kelompok baik itu oleh elit politik, budayawan bahkan para tokoh Agama. Oleh karena itu penulis merasa pentingnya untuk membahas secara singkat jelas namun padat erisinya dalam jurnal ini. bagaimankah Islam sebagai Agama mayoritas dinegeri jamrud khatulistiwa menyikapi perbedaan pendapat yang tak berujung serta dapat berakibat pada perpecahan antar anak bangsa bahkan umat Islam itu sendiri. oleh karena itu disini penulis akan menguraikan sedikit demi sedikit terkait hasil pengamatan tentang Kepemimpinan.
Referensi
Nur, R. U., karakteristik karakteristik kepemimpinsn pendidikan islam, vol 2 no 2
Mar’at, 1980 Pemimpin dan kepemimpinan, Bandung : Ghalia Indonesia
Sidik, F. 2016 "KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM." :100-114.
Marno, Triyo, S., 2008 Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: RefikaAditama).
Rohmat, 2010 Kepemimpinan Pendidikan, (Purwokerto : STAIN Press Purwokerto),
Raihani, 2011 Kepemimpinan Sekolah Transformatif, (Yogyakarta: LKiS),
Khoiri, A., 2016 Manajemen Strategik dan mutu Pendidikan Islam, manageria jurnal Manajemen Pendidikan Islam, UIN SUKA Yogyakarta. Vol. 1, No. 1
Syafar, D. 2017. Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan islam. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Ulinnuha, N. R. 2019. Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 141-152.
Afandi, R. 2013. Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(1), 95-116.
Soetopo, Hendiyat. 1984 Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara.
Indrafachrudi, S. 1993 Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
