PENTINGNYA JARINGAN INTERNET UNTUK PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BTQ DI SD MUHAMMADIYAH TANJUNGKULON MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.1885Kata Kunci:
jaringan, internet, pembelajaran, BTQ, covid-19Abstrak
Jaringan internet merupakan suatu alat pembantu yang bisa mempermudah mencari sesuatu yang biasa digunakan oleh sebagian orang, jaringan internet juga merupakan suatu media yang digunakan dalam proses Pendidikan. Pendidikan sekarang merupakan Pendidikan berbasis teknologi yang semua kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengikut sertakan teknologi sebagai suatu cara mempermudah mengakses pengetahuan. Dalam Pembelajaran BTQ yang seharusnya dilakukan melalui tatap muka, tapi selama pandemic covid-19 berlangsung pembelajaran menjadi terhalang dengan menetapkan daring sebagai solusinya. Masa pandemic covid-19 yang berlangsung menyebabkan proses Pendidikan menjadi terhalang, yang dilakukan kali ini adalah proses Pendidikan daring yang dilakukan secara jarak jauh.
Referensi
Andria. 2020. Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo.
Asamuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahanya”, Jurnal Pedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol.7, No.4. hlm. 285-286. Lombok Timur.
Gusti, Sri. Dkk. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hanifah, Unik Salsabila. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2. Hlm. 6. Yogyakarta.
Husaini, M. 2014. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan”. Jurnal Mikrotik, Volume 2, Nomor 1. Hlm.3-6. Lampung.
K, Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran daring di Era Covid-19. Banyumas.
Muhammad, Eko Naufal. 2021. Asiknya Pembelajaran Fisika Dalam Jaringan di Tengah Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sandra, Rony. 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Nas Media Indonesia.
Setiani, Rediana. 2010. “Pemanfaatan Internet sebagai Sumber belajar”. Jurnal Pendidikan ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol.5, No.2. Hlm. 119-120. Semarang.
Wijoyo, hadion. 2021. Efektifitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatra: Insan Cendekia Mandiri.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
Zulfitria. 2010. “Penggunaan Teknologi dan Internet Seabagi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal UMJ PresiddingSeminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, Hlm. 7-9. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
