PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN METODE YANBU’A DI MADRASAH DINIYYAH ATHOHIRIYYAH AL-KUTUB PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1881Kata Kunci:
Pembelajaran Al-Quran, Metode Yanbu’aAbstrak
This study aims to determine how the learning of the Koran with the yanbu'a method in Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja, Kalibagor District, Banyumas Regency. This research is a descriptive qualitative field research, and data collection is carried out directly at the research location. The research subjects in this thesis are the head of Madrasah Diniyyah, ustadz-ustadzah, and students. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Then in data analysis, researchers used the theory of Miles and Humberman, starting from data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that learning the Koran using the Yanbu'a method at Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja is carried out through three stages, namely introduction, core activity, and closing. Preliminary activities include preparing and conditioning the students then proceed with reading prayers together and reading Asmaul Husna followed by memorizing Juz 'Amma. The core activities include writing, depositing reading and memorizing short letters.
Referensi
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. (Bandung: Alfabeta)
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ma’mur, Jamal Asmani. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Jogjakarta: DIVA Press.
Majid, Abdul Khon. (2013). Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Amzah.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubad, M Nurul Yaqin. (2009). Al-Quran sebagai Media
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
