IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZUL QUR’AN UTSMANI SULAIMANIYAH TURKY
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1788Kata Kunci:
Pesantren Sulaimaniyah, metode UsmaniAbstrak
Seiring berkembangnya peradaban pesantren di dunia maka bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk melakukan kolaborasi dengan pesantren lain, tak terkecuali di Indonesia banyak pesantren yang melakukan kolaborasi dengan tujuan yang sama yaitu untuk memfasilitasi peserta didik (santri) untuk belajar Al-Qur’an. Diantaranya adalah pesantren Sulaimaniyah pertama kali di dirikan oleh Syekh Sulaiman Hilmi Tunahan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Lumajang melalui observasi, dokumentasi dan wawancara di Pesantren Hidayatul Hasan yang bekerjasama dengan pessantren Sulaimaniyah Turky. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pesantren Sulaimaniyah Turky yang didirikan oleh Syeikh Sulaiman Hilmi Tunahan, pondok pesantren ini di khususkan untuk menghafal dan kajian Al-Qur’an yang berbeda dengan menggunakan Metode Utsmani dalam menghafalkan Al qur’an, hal tersebut sesuai dengan visi dan misi yang telah di buat oleh Pondok Pesantren Sulaimaniyah, yaitu mencetak generasi muda penghafal Al qur’an yang menerapkan Al qur’an dalam kehidupan sehari hari guna mendapatkan Ridho Ilahi, sedangkan misi dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sulaimaniyah yaitu menjadikan santri mampu membaca Al qur’an dengan baik dan benar, Menanamkan akhlaqul karimah dan ilmu ilmu islam dan mendorong perkembangan anak yang selaras dengan nilai-nilai Islam.
Referensi
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta (Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Abdul Fatah Atho’ulloh, Khambali.2018. Pengelolaan pembelajaran Intensif Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2 (2018) 539-557
Muzakkir.2015. Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur'an: Metode Maudhu’i dalam Perspektif Hadis.jurnal LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 18 No. 1 Juni 2015: 107-121
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta ( Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Arif Zamhari.2015. Lembaga pendidikan Penghafal Al-Quran: Studi Perbandingan Pesantren Tahfidl Sulaymaniyah Turki dan Pesantren Tahfidl Indonesia.Jurnal Kuriositas, Edisi VIII, Vol. 2, Desember 2015
M. Ismi.2019. Metode Pembelajaran Tahfizh di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.Skripsi. Banda aceh Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
