IMPLEMENTASI TUNJANGAN SERTIFIKASI DAN KESEJAHTERAAN GURU DI SDN JADI SEPAKAT
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1704Kata Kunci:
tunjangan, kesejahteraan, guruAbstrak
Berdasarkan tuntunan hidup dan kebutuhan yang mengiringi kemajuan pesat dunia, kualitas hidup manusia juga semakin maju dan bertambah. Dalam tujuan pendidikan guru dituntut untuk menjadikan peserta didik menjadi manusia yang berilmu, kreatif, mandiri dan lain sebagainya, hal itu juga menjadikan penyelenggara pendidikan termasuk guru harus menjadi lebih baik, unggul dan bermutu. Untuk itu dalam pensejahteraan guru pemerintah mengadakan program tunjangan sertifikasi atas penghargaan guru yang telah bersertifikat. Tujuan penelitian untuk mengetahui tunjangan sertifikasi dan kesejahteraan guru Indonesia, metode penelitian menggunakan analisa kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini dianggap perlunya pensejahteraan guru dengan adanya tunjangan sertifikasi dengan intensif dan memberikan kemudahan-kemudahan dengan harapan guru dan peserta didik sejajar dalam memberikan dan menerima pengetahuan. Terdapat benang merah dalam implementasi tunjangan sertifikasi dan kesejahteraan guru.
Referensi
AECT. (2019). Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Teknologi Pendidikan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basri, J. (2019). Mutu dan Kesejahteraan Guru di Indonesia. JPI Rabbani, 480-487.
DIKTI, D. (2009). Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
Endang Puspita Sari, & Touana, H. (2017). Komponen Kompensasi Pekerja Level Staff Berstatus Pekerja Waktu Tak Tertentu Pada PT Pertamina Patra Niaga Jakarta Selatan. Jurnal Administrasi Kantor, 69-82.
Idris, M. (2020, Juli 19). Penasaran Berapa Besarab Tunjangan Profesi Guru PNS dan Non PNS. Kompas.com.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25-33.
Sinay, P. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pelatihan dan Pendidikan (Diklat). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Victory Sorong.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
