IMPLEMENTASI TUNJANGAN SERTIFIKASI DAN KESEJAHTERAAN GURU DI SDN JADI SEPAKAT

Penulis

  • Umniyatul Azizah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ##default.groups.name.author##
  • Panca Selly Inariska Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ##default.groups.name.author##
  • Hasbiyallah Hasbiyallah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ##default.groups.name.author##
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1704

Kata Kunci:

tunjangan, kesejahteraan, guru

Abstrak

Berdasarkan tuntunan hidup dan kebutuhan yang mengiringi kemajuan pesat dunia, kualitas hidup manusia juga semakin maju dan bertambah. Dalam tujuan pendidikan guru dituntut untuk menjadikan peserta didik menjadi manusia yang berilmu, kreatif, mandiri dan lain sebagainya, hal itu juga menjadikan penyelenggara pendidikan termasuk guru harus menjadi lebih baik, unggul dan bermutu. Untuk itu dalam pensejahteraan guru pemerintah mengadakan program tunjangan sertifikasi atas penghargaan guru yang telah bersertifikat. Tujuan penelitian untuk mengetahui tunjangan sertifikasi dan kesejahteraan guru Indonesia, metode penelitian menggunakan analisa kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini dianggap perlunya pensejahteraan guru dengan adanya tunjangan sertifikasi dengan intensif dan memberikan kemudahan-kemudahan dengan harapan guru dan peserta didik sejajar dalam memberikan dan menerima pengetahuan. Terdapat benang merah dalam implementasi tunjangan sertifikasi dan kesejahteraan guru.

 

Referensi

Adawiyah, R. (2017). Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah no 41 tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen. Sumatera Utara: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
AECT. (2019). Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Teknologi Pendidikan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basri, J. (2019). Mutu dan Kesejahteraan Guru di Indonesia. JPI Rabbani, 480-487.
DIKTI, D. (2009). Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
Endang Puspita Sari, & Touana, H. (2017). Komponen Kompensasi Pekerja Level Staff Berstatus Pekerja Waktu Tak Tertentu Pada PT Pertamina Patra Niaga Jakarta Selatan. Jurnal Administrasi Kantor, 69-82.
Idris, M. (2020, Juli 19). Penasaran Berapa Besarab Tunjangan Profesi Guru PNS dan Non PNS. Kompas.com.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25-33.
Sinay, P. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pelatihan dan Pendidikan (Diklat). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Victory Sorong.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-10

Cara Mengutip

“IMPLEMENTASI TUNJANGAN SERTIFIKASI DAN KESEJAHTERAAN GURU DI SDN JADI SEPAKAT”. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1): 31-38. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1704.