CENTERED LEARNING APPROACH SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)

  • Yurita Erviana
Kata Kunci: pendekatan pembelajaran berpusat pada anak, Kecerdasan Jamak, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berpusat pada
anak guna mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini di TK Islam Plus Mutiara
Yogyakarta. Objek penelitian berupa pengembangan kecerdasan jamak anak usia dini di
TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk melihat suatu fenomena (kasus) sosial
yang terjadi di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Tekik pengumpulan data penelitian
diakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
cara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Guna melihat kebsahan
data penelitian, diperlukan adanya proses triangulasi dan pengamatan mendalam. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa student learning approach sebagai suatu pendekatan
pembelajaran di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta dilakukan dengan memberikan
kebebasan pada anak untuk memilih dan menentukan sendiri aktivitas bermain maupun
belajar. Selain itu, anak dituntut untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
Temuan lainnya berupa anak terfasilitasi pengembangan kecerdasannya melalui kegiatan
yang dipilih oleh anak dengan di dukung oleh sumber belajar yang memadai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. Tabi’in, “Penerapan Konsep Pembelajaran
Berbasis Kecerdasan Majemuk
(Multiple Intelligences) Pada Anak Usia
Dini”, Edukasia Islamika : Volume 2,
Nomor 1, Juni2017/1438
Christine Doddington dan Maria Hilton,
Pendidikan Berpusat Pada Anak
Membangkitkan Kembali Tradisi Kreatif
Terj. Febrianti Ika Dewi, J a k a r t a :
PT Indeks, 2010.
Direktorat Pembinaan Penddikan Anak Usia
Dini Direktorat Jenderal Pendidikan
Anak Usia Dini dan P e n d i d i k a n
Masyarakat Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan, Kerangka Dasar dan
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini, t.t.
Herdina Indrijati, dkk., Psikologi Perkembangan
dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah
Bunga Rampai, Jakarta: Prenadamedia
Group.
Hibana S. Rahman, Konsep Dasar Pendidikan
Anak Usia Dini, Yogyakarta: PGTKI
berkerjasama denga Penerbit Galah,
2002.
Howard Gardner, Multiple intelligences
(Kecerdasan Majemuk), Batam:
Interaksara. 2 0 0 3 .
http://www.mampan.net/perlis/exhibitors/70
Linda Campbell, Bruce Campbell,
dan Dee Dickinson, Metode
Praktis Pembelajaran Berbasis
Multiple Intelligences, Jakarta: Intuisi
Press, 2 0 0 6 .
Mirroh Fikriyati, Perkembangan Anak Usia
Emas (Golden Age), Yogyakarta: Laras
Media Prima, 2013.
Muchtar Latif, dkk, Orientasi Pendidikan Anak
Usa Dini, Teori dan Aplikasi, Jakarta:
Kencana Prenada Media Group 2013.
Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim,
Pembelajaran Berbasis Kecerdasan
Jamak (Multiple Intelligences)
Mengidentifikasi dan Mengembangkan
Mulltitalenta Anak, Jakarta: Prenada
Media Group, 2013.
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter
Landasan, Pilar, dan Implementasi,
Jakarta: Kencana, 2014.
Reza Rindy Antika, “Proses Pembelajaran
Berbasis Student Centered
Learning(Studi Deskriptif di S e k o l a h
Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah,
Nganjuk)”, Jurnal BioKultur, Vol.III/
No.1/Januari-Juni 2014.
Suwarjo, Ika Budi Maryatun, Nurul Kusumadewi,
“Penerapan Student Centered Approach
pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak
Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah
Laboratorium Rumah Citta)”,Jurnal
Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1,
Juni 2012.
Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini
dalam Kajian Neurosains, Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya, 2014.
Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Diterbitkan
2018-12-20
##submission.howToCite##