PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN METODE YANBU’A DI MADRASAH DINIYYAH ATHOHIRIYYAH AL-KUTUB PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS
Learning Al-Quran, Yanbu'a Method
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran al-Quran dengan metode yanbu’a di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif , serta pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah kepala Madrasah Diniyyah, ustadz-ustadzah, dan santri-santriwati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran al-Quran dengan metode Yanbu’a di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santri kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a bersama-sama dan membaca asmaul husna dilanjutkan hafalan juz ‘amma. Pada kegiatan inti meliputi menulis, setoran membaca dan hafalan surat pendek.
Downloads
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. (Bandung: Alfabeta)
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ma’mur, Jamal Asmani. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Jogjakarta: DIVA Press.
Majid, Abdul Khon. (2013). Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Amzah.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubad, M Nurul Yaqin. (2009). Al-Quran sebagai Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).