IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZUL QUR’AN UTSMANI SULAIMANIYAH TURKY

  • Moch. Shohib Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Riska Nor Hasanah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Seiring berkembangnya peradaban pesantren di dunia maka bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk melakukan kolaborasi dengan pesantren lain, tak terkecuali di Indonesia banyak pesantren yang melakukan kolaborasi dengan tujuan yang sama yaitu untuk memfasilitasi peserta didik (santri) untuk belajar Al-Qur’an. Diantaranya adalah pesantren Sulaimaniyah pertama kali di dirikan oleh Syekh Sulaiman Hilmi Tunahan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Lumajang melalui observasi, dokumentasi dan wawancara di Pesantren Hidayatul Hasan yang bekerjasama dengan pessantren Sulaimaniyah Turky. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pesantren Sulaimaniyah Turky yang didirikan  oleh  Syeikh Sulaiman Hilmi Tunahan, pondok pesantren ini di khususkan untuk menghafal dan kajian Al-Qur’an yang berbeda dengan menggunakan Metode Utsmani dalam menghafalkan Al qur’an, hal tersebut sesuai dengan visi dan misi yang telah di buat  oleh Pondok  Pesantren Sulaimaniyah, yaitu mencetak generasi muda penghafal Al qur’an yang menerapkan Al qur’an dalam kehidupan sehari hari guna mendapatkan Ridho Ilahi, sedangkan misi dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sulaimaniyah yaitu menjadikan santri mampu membaca Al qur’an dengan baik dan benar, Menanamkan akhlaqul karimah dan ilmu ilmu islam dan mendorong perkembangan anak yang selaras dengan nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herman, DM.2013. Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2 Juli.
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta (Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Abdul Fatah Atho’ulloh, Khambali.2018. Pengelolaan pembelajaran Intensif Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2 (2018) 539-557
Muzakkir.2015. Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur'an: Metode Maudhu’i dalam Perspektif Hadis.jurnal LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 18 No. 1 Juni 2015: 107-121
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta ( Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Arif Zamhari.2015. Lembaga pendidikan Penghafal Al-Quran: Studi Perbandingan Pesantren Tahfidl Sulaymaniyah Turki dan Pesantren Tahfidl Indonesia.Jurnal Kuriositas, Edisi VIII, Vol. 2, Desember 2015
M. Ismi.2019. Metode Pembelajaran Tahfizh di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.Skripsi. Banda aceh Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Published
2021-06-10
How to Cite
ShohibMoch., and Riska Hasanah. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1), 95-102. Accessed November 3, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1788.

STATISTICS

Abstract viewed = 478 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 163 times