IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZUL QUR’AN UTSMANI SULAIMANIYAH TURKY
Abstract
Seiring berkembangnya peradaban pesantren di dunia maka bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk melakukan kolaborasi dengan pesantren lain, tak terkecuali di Indonesia banyak pesantren yang melakukan kolaborasi dengan tujuan yang sama yaitu untuk memfasilitasi peserta didik (santri) untuk belajar Al-Qur’an. Diantaranya adalah pesantren Sulaimaniyah pertama kali di dirikan oleh Syekh Sulaiman Hilmi Tunahan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Lumajang melalui observasi, dokumentasi dan wawancara di Pesantren Hidayatul Hasan yang bekerjasama dengan pessantren Sulaimaniyah Turky. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pesantren Sulaimaniyah Turky yang didirikan oleh Syeikh Sulaiman Hilmi Tunahan, pondok pesantren ini di khususkan untuk menghafal dan kajian Al-Qur’an yang berbeda dengan menggunakan Metode Utsmani dalam menghafalkan Al qur’an, hal tersebut sesuai dengan visi dan misi yang telah di buat oleh Pondok Pesantren Sulaimaniyah, yaitu mencetak generasi muda penghafal Al qur’an yang menerapkan Al qur’an dalam kehidupan sehari hari guna mendapatkan Ridho Ilahi, sedangkan misi dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sulaimaniyah yaitu menjadikan santri mampu membaca Al qur’an dengan baik dan benar, Menanamkan akhlaqul karimah dan ilmu ilmu islam dan mendorong perkembangan anak yang selaras dengan nilai-nilai Islam.
Downloads
References
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta (Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Abdul Fatah Atho’ulloh, Khambali.2018. Pengelolaan pembelajaran Intensif Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2 (2018) 539-557
Muzakkir.2015. Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur'an: Metode Maudhu’i dalam Perspektif Hadis.jurnal LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 18 No. 1 Juni 2015: 107-121
Roni Abdul Ghoni Rifa’I.2018.Zikir Khafi Dalam tarekat naqsyabandi di pondok pesantren sulaimaniyah karangasem caturtunggal depok sleman Yogyakarta ( Resepsi makna terhadap QS Al A’raf ayat 205 ).Skripsi.Yogyakarta Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga
Arif Zamhari.2015. Lembaga pendidikan Penghafal Al-Quran: Studi Perbandingan Pesantren Tahfidl Sulaymaniyah Turki dan Pesantren Tahfidl Indonesia.Jurnal Kuriositas, Edisi VIII, Vol. 2, Desember 2015
M. Ismi.2019. Metode Pembelajaran Tahfizh di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.Skripsi. Banda aceh Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).