Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Manajemen

(Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sains Al-Qur’an)

  • Aenun Apriliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eni Candra Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
iklan, konformitas, gaya hidup, pengendalian diri, perilaku konsumtif

Abstract

Tujuan – penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.

Metode – yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas dan Bisnis Unibersitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows.

Hasil – hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan dengan nilai thitung  sebesar 3,306 dan signifikansi 0,001 berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. (2) konformitas dengan nilai thitung sebesar -1,816 dan nilai signifikan 0,072 berpengaruh negative terhadap perilaku konsumtif. (3) Terdapat pengaruh positif gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 9,455 dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 3,340 dan nilai signifikansi 0,001.

Implikasi – penelitian ini dapat menambah wawasan dan pemahamana yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada Mahasiswa Manajemen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-20
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 49 times
PDF downloaded = 25 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>