Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA N 1 Mojotengah
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Etos Kerja, Kinerja Guru
Abstract
Tujuan - Untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah.
Metode - Metode dalam pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan teknik sensus. Sampel yang diambil adalah total keseluruhan populasi yaitu sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada seluruh guru SMA N 1 Mojotengah. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Analisis data yang dilakukan meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Ketetapan Model (Uji f), Analisis Regresi Berganda, Uji Statistik t dan Koefisien Determinasi.
Hasil - Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah yang artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka kinerja guru akan semakin baik. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja dengan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja dengan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah sehingga semakin meningkatnya motivasi kerja maka akan semakin baik juga kinerja guru. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja dengan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah. Terdapat pengaruh positif dan signifikan etos kerja dengan kinerja guru SMA N 1 Mojotengah. Sehingga semakin meningkat etos kerja semakin baik kinerja guru dengan demikian diharapkan guru selalu bisa meningkatkan dan menanamkan rasa kejujuran dalam bekerja
Implikasi – Penelitian ini menggunakan data kinerja guru SMA N 1 Mojotengah tahun 2020 – 2021