Pengaruh E-trust, E-service Quality, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui E-commerce Bukalapak di Kabupaten Wonosobo
E-trust, E-service Quality, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan - Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara E-trust, E-service Quality, dan Persepsi Risiko terhadap keputusan pembelian pada Bukalapak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metodology - Populasi penelitian ini yaitu konsumen Wonosobo yang merupakan pengguna Bukalapak. Sampel penelitian ini diperoleh menggunakan rumus Hair sebanyak 114 responden yang merupakan konsumen di Wonosobo yang sudah pernah melakukan pembelian melalui Bukalapak minimal satu kali. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel E-trust, E-service Quality, dan Persepsi Risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Bukalapak. Hal ini dibuktikan bahwa E-trust dengan nilai t hitung (6,437) > t tabel (1,9817) serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05, E-service Quality dibuktikan dengan nilai t hitung (6,613) > t tabel (1,9817) serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan Persepsi Risiko dengan t hitung (4,658) > t tabel (1,9817) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,774, yang menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh e-trust, e-service quality, dan persepsi risiko sebesar 77,4% sedangkan 22,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.