Pengaruh Word Of Mouth, Visual Merchandising, Shopping Lifestyle Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying
(Studi Kasus Pada Konsumen Warkom NU Wonosobo)
Word of Mouth, Visual Merchandising, Shopping Lifestyle, Store Atmosphere, Impulse Buying
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, visual merchandising, shopping lifestyle dan store atmosphere terhadap Impulse buying pada konsumen Warkom NU di Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Warkom NU Wonosobo. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah di Uji Validitas dan Uji Realibitas, Uji F, Pengujian Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedisitas, Uji Hipotesis, Uji T dan R Square. Hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling.
Hasil uji t dalam penelitian ini yaitu word of mouth (0.000), visual merchandising (0.000), shopping lifestyle (0,006) dan store atmospheere (0.007) ini menunjukkan bahwa secara parsial 4 variabel tersebut berpengaruh positif terhadap impulse buying. Hasil uji f dalam penelitian ini diperoleh nilai signifikan dibawah (0,05) yaitu (0,000) dan nilai Fhitung = 425,965 > Ftabel = 2,46 artinya secara simultan variabel word of mouth, visual merchandising, shopping lifestyle dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel word of mouth, visual merchandising, shopping lifestyle dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen Warkom NU Wonosobo