Pengaruh Stres Kerja, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan

(Studi Kasus pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo)

  • Rian Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Stres Kerja, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja dan Turnover Intention

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh stress kerja, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap turnover intention karyawan pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo.

Metodologi - Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji  Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji F, pengujian asumsi klasik, uji normalitas, multikoliearitas, Uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, Uji t dan R square. Hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa stress kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo. Komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo.

Implikasi – Penelitian ini bisa menjadi acuan pengambil kebijakan pada usaha sejenis mengenai Turnover Intention Karyawan.

Orisinilitas – Penelitian ini membahas stres kerja, komitmen organisasi dan kepuasan karyawan yang mengakibatkan turnover intention yang pertama dilakukan pada Rumah Makan Kelapa Gading Wonosobo

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-28
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 106 times
PDF downloaded = 76 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>