Studi Empiris dalam Meningkatkan Kinerja UMKM dengan Inovasi Produk dan Akses Pemasaran

(Studi pada UMKM di Kabupaten Wonosobo)

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
inovasi produk, akses pemasaran, kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kompetensi sumber daya manusia, inovasi produk, dan akses pemasaran terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Wonosobo.

Metodologi - Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda SPSS dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Wonosobo dengan jumlah 60.480 unit berdasarkan LKPJ kabupaten wonosobo tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga dalam penelitian diambil 100 perusahaan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Hasil - Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) ada pengaruh positif inovasi produk terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo; 2) ada pengaruh positif akses pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden.

Orisinilitas - Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai oleh perusahaan sebagai acuan referensi informasi dalam kebijakan bidang manajemen perusahaan, sehingga perusahaan dapat berkinerja dengan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 119 times
PDF downloaded = 111 times