Analisis Dimensi Kepercayaan Diri Terhadap Minat Berwirausaha

(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Tahun 2019)

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kepercayaan Diri, Bisa menerima diri sendiri, Berani mengambil resiko, Merasa memiliki kompetensi, Minat Berwirausaha

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dimensi kepercayaan diri yang terdiri atas Bisa menerima diri sendiri, Berani mengambil resiko,  Merasa memiliki kompetensi terhadap Minat Berwirausaha (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al- Qur’an). Data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Metodologi – Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, pendapat (Hair at., el. 2006) sampel ditetapkan 100 responden dengan penyebarannya menggunakan metode Proportional Random Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, kemudian menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikansi koefisien regresi.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dimensi kepercayaan diri yang terdiri atas Bisa menerima diri sendiri, Berani mengambil resiko,  Merasa memiliki kompetensi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas   Sains Al-Qur’an.

Implikasi - Penelitian ini diharapkan sebagai referensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo terkait perancangan kurikulum yang berkaitan dengan kewirausahan.

Orisinilitas – Penelitian ini dilakukan sebagai acuan untuk para pemangku kebijakan mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan sumber penelitian yang relevan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-18
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 493 times
PDF downloaded = 326 times