Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko, Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking

(Studi Kasus pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Di Wonosobo)

  • Fika Khairu Rahmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kepercayaan, persepsi kenyamanan, minat nasabah menggunakan internet banking

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan terhadap minat nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Wonosobo menggunakan internet banking.

Metodologi - Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Wonosobo yang didapat melalui teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling  yang dikembangkan oleh Sugiyono (2014). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking.

Implikasi - Penelitian ini hanya terbatas pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di Kabupaten Wonosobo, sehingga penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel penelitian yang lebih luas, serta menambah variabel penelitian yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan internet banking.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 540 times
PDF downloaded = 254 times