PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI MANDIRAJA BANJARNEGARA

Penulis

  • Sholehah Setyaningsih Prodi PAI Fakultar Ilmu tarbiyah
  • Faisal Kamal
  • Fatkhurrohman Fatkhurrohman

DOI:

https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i2.8200

Kata Kunci:

Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita

Abstrak

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran

dimana metode menjadi salah satu faktor yang berpengaruh

terhadap keberhasilan pelaksanaannya. Apalagi bagi siswa

Tunagrahita yang memiliki hambatan intekektual. Metode yang

dipilih harus menyesuaikan kebutuhan siswa, setidaknya bersifat

interaktif dan dilaksanakan secara kontinu seperti Metode Drill.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan,

faktor pendukung dan penghambat, serta hasil belajar siswa

tunagrahita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam

menggunakan metode Drill di SLB Negeri Mandiraja

Banjarnegara. Penelitian ini termasuk dalam kualitatif deskriptif.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,

wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan ketiga teknik tersebut

diketahui bahwa penerapan Metode Drill dilaksanakan pada

materi yang lebih banyak membutuhkan keterampilan dan

melalui langkah tertentu. Ada beberapa faktor pendukung

dan penghambat yang harus dikaji kembali guna

meningkatkan penerapan Metode Drill di SLB Negeri

Mandiraja Banjarnegara. Metode Drill memberikan hasil

pembelajaran yang baik bagi anak tunagrahita pada

pembelajaran PAI, khususnya dalam keterampilan siswa.

Referensi

Nurunnisa, L.S. (2021) ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Penyandang
Tunagrahita di SMPLB Negeri Ungaran’, Skripsi Sarjana.
Rini, O. (2021) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di SLB
ABCD Aisyiyah Banggae Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Universitas
Muhammadiyah Makassar.
Shaleh Abdul Rachman (2006) Pendidikan agama dan pembangunan watak bangsa / Abdul
Rachman Shaleh. Jakarta: Rajawali Press.
Somantri, T.S. (2006) Psikologi Anak Luar biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, B. (2002) Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Wikaningtyas, R. and Efitra, E. (2023) Inovasi Metode Pembelajaran Card Short Berbasis
Powerpoint Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kebutuhan Khusus
(Untuk Tunagrahita). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Available at:
https://books.google.co.id/books?id=VxXdEAAAQBAJ.

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI MANDIRAJA BANJARNEGARA. (2024). Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(2), 20-25. https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i2.8200

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama