INTERNALISASI NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN BAITUL ABIDIN DARUSSALAM WONOSOBO
Karakter, Islami, Kedisiplinan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo; 2) Mengetahui dampak internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo; 3) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (wawancara langsung dengan subyek penelitian, serta dokumentasi berupa foto, data-data, dan lain sebagainya). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah melalukan penelitian terhadap internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo melalui 3 tahapan yakni : pembuatan aturan baru, sosialisasi kepada santri, membimbing dan mengawasi. Dengan tiga tahapan tersebut membuat santri bisa meningkatkan kedisiplinan. 2) Dampak dari internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo bisa dirasakan oleh santri yaitu santri bisa terbantu dalam mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dampak bagi pondok yang bisa dirasakan yakni kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat pondok pesantren. 3)Faktor penghambat dan faktor pendukung dari internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Baitul Abidin Darussalam Wonosobo yakni rasa enggan untuk keluar dari zona nyaman, tidak adanya semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan tidak fokus terhadap target yang sudah ditentukan. Sedangkan faktor pendukungnya yakni dawuh Kyai yang secara mutlak bisa diterima dan dilaksanakan oleh santri, peraturan pengurus yang telah berlaku dan menjadi penguat dari aturan baru yang diterapkan.
Downloads
References
Dalmeri, D. (n.d.-a). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character) Individual Social and Character Awareness Development View project Concentration on Learning Program Development in Islamic Education View project. https://www.researchgate.net/publication/290920065
Fahham, A. M., Karakter, P., Pesantren, D., & Fahham, A. M. (n.d.). Character Education in Islamic Boarding School.
Farikhah, D., & Sikin, N. (n.d.). Urgensi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 23–34.
Metode, A., & Masalah, P. (n.d.-a). BAB III METODE PENELITIAN.
Muhsinin. (2013). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG TOLERAN (Vol. 8, Issue 2).
Pendidikan Karakter Islami | i. (n.d.-a). www.penapersada.com
Pengasuhan, P., Karakter, P., Anak, P., Pesantren, P., Susanto, P. E., Achmad, M. A., Fahham, M., & Pesantren, P. (n.d.-a). Pendidikan Pendidikan Pendidikan Achmad Muchaddam Fahham.
Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Al Mubarok, A. A. S. A., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs Al-Amien Kota Kediri melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 129–143. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.445
Saventino, R. T., Dewi, R. T., Sarwahita, S. I., Yuliana, R. R., & Wulandari, D. D. (2023). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA MODERN. 17(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16218
Sodikin, A. (n.d.). KONSEP AGAMA DAN ISLAM.
Khaerul Umam, S. S. Alh., Majalah Badar (Santri, Kesehata, dan Budaya), Edisi 2023