ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PIAUD SCIENCE LEARNING MEDIA (PSLM) BERBASIS WONOSOBO LOCAL WISDOM

  • Nugroho Prasetya Adi
  • Vava Imam Agus Faisal

Abstract

PIAUD Science Learning Media (PSLM) merupakan sebuah media pembelajaran yang dikembangkan untuk anak usia dini. PSLM dikembangkan dengan konsep sains, untuk mengenalkan kepada anak usia dini tentang alam sekitarnya. Selain itu, PSLM dikembangkan berbasis dengan kearifan lokal/ local wisdom wonosobo, tujuannya untuk mengenalkan budaya daerah kepada peserta didik sedari dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan PIAUD Science Learning Media (PSLM) dan mengetahui kelayakan media berdasarkan ahli dan praktisi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). R&D merupakan sebuah metode penilitian yang menghasilkan produk untuk luaran nya. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media dan lembar penilaian kelayakan media oleh praktisi dan ahli. Data penelitian yang terkumpul adalah data validasi instrument media yang dihasilkan dari lembar validasi media dan data kelayakan media yang dihasilkan dari lembar penilaian kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan instrument penilaian kelayakan media telah valid dan reliabel menurut penilaian ahli dan media pembelajaran PSLM berbasis wonosobo local wisdom sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada tingkatan PAUD/ PIAUD berdasarkan penilaian ahli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Adi, N.P & Yohannes K. 2018. Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android. Journal of Komodo. Vol (1) No (1), 79-94.
[2] Ahsan, A.N & Rafaqat, A.A. 2018. Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education, Vol 18, No 1-2. 35-40.
[3] Saputri, D.Y et al. 2018. Integrating Game-based Interactive Media as Instructional Media: Students Response. Journal of Education and Learning, Vol 12 No 4. 638-643. DOI: 10.11591/edulearn.v12i4.8290.
[4] Yohana, A, Studi Tentang Media Pembelajaran yang Digunakan pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa di SMP Negeri 1 Probolinggo, S.Pd, Skripsi, Universitas Negeri Malang, Malang, 2011.
[5] Tusifa, J. & Neneng, T. 2015. Bead Board Letter Effectiveness for the Introduction of Reading Concept Among Children Aged 5-6. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, Vol 4 No 1, 46-50. DOI: 10.15294
[6] Hendarwati, E. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendagogi, Vol (1) No (1), 1-7
[7] Shoffa, S. 2014. Penerapan Media Puzzle Cerdas Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-Kanak Dalam Berhitung. Jurnal Pedagogi, Vol (1) No (1), 8-16.
[8] Rohmah, N., & Waluyo, E. (2014). Arithmetic Dice Media as Counting Concept Introduction for Early Childhood. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, Vol (3) No (2), 127-133. doi:10.152942.9486.
[9] Binkley, M., et al. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills (hal. 17-66). Springer, Dordrecht.
[10] Hasjiandito, A. dkk. (2015). Presenting Religious Topics: The Effectiveness of Microsoft Powerpoint. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. Vol (4) No. (2), 111-115.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times