PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK PERTIWI WONOROTO TAHUN 2022

Authors

  • Khoirun Nisak
  • Siti Nihar Salsabila
  • Vava Imam Agus Faisal
  • Salis Wahyu Hidayati
  • Hidayatu Munawaroh

DOI:

https://doi.org/10.32699/fitrah.v2i1.4588

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang bervariasi dan menunjang peserta didik lebih optimal dalam mendalami konsep serta menguatkan kompetensi yang dimilikinya. Kurikulum merdeka menjadi tantangan nyata bagi suatu lembaga pendidikan anak usia dini, dalam penerapanya terdapat berbagai problematika yangdihadapi. Penelitian ini bertujuan unutk menggetahui problematika dihadapi kepala sekolah dan pendidik dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di TK Pertiwi Wonoroto. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Pada analisis tersebut, data dimaknai secara deskriptif dan dituangkan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa problematika yang ditemukan saat menerapkan kurikulum merdeka di TK Pertiwi Wonoroto diantaranya minimnya sosialisasi, keterbatasan SDM dan kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Problematika, Kurikulum Merdeka, TK

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK PERTIWI WONOROTO TAHUN 2022. (2023). Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 2(1), 56-62. https://doi.org/10.32699/fitrah.v2i1.4588

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>