UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BERMAIN FLIP FLAP BOOK DI KELOMPOK A KB TAKHASSUS AL-QUR'AN 2 KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

  • Fatiyya Sekar Kinanti Universitas Sains AL-Qur'an
  • Ngarifin Shidiq Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Vava Imam Agus Faisal Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep bermain menggunakan flip flap book; 2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak melalui bermain flip flap book; 3) untuk mengetahui faktor pendukung penghambat dan pendukung selama bermain flip flap book.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan berlangsung selama 2 siklus pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan instrumen yang digunakan berupa lembar penelitian catatan observasi, lembar catatan wawancara bersama guru kelompok A dan kepala sekolah, dokumentasi berupa foto, buku presensi, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Flip flap book asal kata dalam bahasa inggris yang apabila diterjemahkan berarti buku balik tutup. Flip flap book dapat dibalik tutup dipotong 2 bagian, yaitu kelapa, badan dan ekor. Ketika membolak balik anak bisa menemukan kepala, badan dan ekor sebuah binatang dan menjadi bentuk yang sempurna. Permainan dapat ini merangsang bahasa anak melalui dialog; 2) peningkatan perkembangan bahasa anak berkembang sangat baik. Penelitian selama dua siklus menunjukkan hasil Belum Berkembang (BB) 0%, Mulai Berkembang (MB) 0% anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak atau 15% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 10 anak atau 85%; 3) faktor penghambat anak tidak tertarik dan tidak fokus, tidak mau bergantian. Faktor pendukung terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara peneliti dan guru kelas, dukungan dari anak yang telah berkembang sangat baik mereka aktif dan bisa memicu minat anak lain sehingga membuat proses bermain berjalan dengan optimal.

Kata kunci : Peningkatan,Perkembangan Bahasa, Flip Flap Book

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
KinantiF., ShidiqN., & FaisalV. (2024, January 31). UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI BERMAIN FLIP FLAP BOOK DI KELOMPOK A KB TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 3(1), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/fitrah.v3i1.6319

STATISTICS

Abstract viewed = 63 times
PDF downloaded = 69 times