MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH IBU DESA KRAKAL DAWUNG KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2023

  • Warniyati warni yati PIAUD
  • Ngarifin Shidiq Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Ali Imron

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan dampak penerapan model pengajaran berbasis masalah terhadap perkembangan kognitif anak usia 5 sampai 6 tahun; 2. Memberikan ilustrasi bagaimana menerapkan model pengajaran berbasis masalah pada anak usia 5-6 tahun; 3. Mendeskripsikan metode, strategi dan pendekatan yang tepat untuk penerapan model pengajaran berbasis masalah pada anak usia 5-6 tahun; 4. Menjelaskan bahwa inovasi guru dalam metode pengajaran mempunyai dampak yang besar terhadap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian berasal dari satu kelas yaitu kelas B TK Kasih Ibu. Sebelum melakukan observasi, peneliti terlebih dahulu melakukan wawancara kepada pihak sekolah, dengan pertanyaanpertanyaan pada saat wawancara. Penelitian ini melibatkan observasi yang cermat dan rinci terhadap metode pengajaran di sekolah dan perkembangan kognitif anak usia 5 hingga 6 tahun. Kemudian hasil penelitian tersebut diolah, dianalisis dan disajikan dalam konteks penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu Krakal Dawung Kertek.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Kognitif, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-21
How to Cite
yatiW., ShidiqN., & ImronA. (2025, February 21). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH IBU DESA KRAKAL DAWUNG KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2023. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 4(1), 55-68. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/fitrah.v4i1.8413

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>