PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI UMBRELLA GAMES DI TK PERTIWI WRINGINANOM
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk peningkatan kemampuan kognitif anak pada usia dini melalui umbrella games di TK Pertiwi Wringinanom. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak usia dini dalam dapat meningkat setela diberi tindakan melalui Umbella games. Dengan Indikator pengenalan angka 1-20, mampu mengenal warna, mampu memecahkan masalah sederhana mampu membandingkan besar kecil dan mampu dalam penjumlahan pengurangan sederhana. Hal ini menunjukan hasil penelitian kemampuan kognitif anak usia dini sebelum tindakan 8,33% kemudian diberi tindakan pada siklus I mendapatkan presentase 75% dari hasil pengamatan pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,67% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, kemudian pada siklus II ini kemapuan kognitif anak usia dini mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu mencapai indikator keberhasilan 91,67% dari 12 anak mencapai indikator berkembang sangat baik, presentase peningkatan pra siklus sampai ke penelitian terakhir mengalami keberhasilan dengan presentase 83,34 % sehingga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Demikian metode umbrella games dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Peningkatan kemampuan kognitif, Umbrella games
s