STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK YANG DIURAIKAN MELALUI PEMBELAJARAN SENI

  • asty Asty Asty Universitas Sains Al-Qur'an
  • Birrlinaawaliyati Rizqi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Vava Imam Agus Faisal Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Abstract

Strategi pengembangan kreativitas pada anak yang diuraikan melalui pembelajaran seni. Pembelajaran seni mampu mewujudkan sarana yang efektif untuk menumbuhkan kreativitas pada diri anak. Dalam seni, anak-anak belajar untuk berpikir secara kreatif dan inovatif, bekerja sama, serta mengekspresikan diri dengan bebas melalui berbagai media seni seperti lukisan, tari, menyanyi, dan drama. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi pengembangkan kreativitas anak melalui pembelajaran seni. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan analisis data kualitatif. Subjek artikel ini adalah para pendidik dan anak-anak TK di sekolah TK Aisyiyah 2 Selomerto. Hasil artikel ini menunjukkan bahwa dengan belajar seni dapat mengembangkan kreativitas anak dengan baik. Pendidik dapat menilai sejauh mana melalui metode-metode pembelajaran seni yang telah berhasil dalam menumbuhkan kreativitas pada anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran seni yang bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas pada diri anak.

Kata kunci: Strategi, kreativitas anak, pembelajaran seni.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Asty asty, RizqiB., & FaisalV. (2024, July 31). STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK YANG DIURAIKAN MELALUI PEMBELAJARAN SENI. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 3(2), 27-37. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/fitrah.v3i2.7790

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times