ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN PATEAN - WELERI KABUPATEN KENDAL MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE ROAD CONDITION INDEX (RCI)
jalan, kerusakan, PCI, RCI, IRI
Abstract
Jalan mempunyai peranan yang penting dalam bidang sosial, ekonomi, politik, strategi/militer dan kebudayaan dalam penelitian ini daerah yang diteliti adalah Ruas Jalan Patean - Weleri merupakan jalan provinsi dan masuk kedalam kategori jalan Kolektor Primer, jalan ini menghubungkan jalan provinsi yang yang berada di Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan menentukan cara penanganan kerusakan perkerasan ruas Jalan Parakan Patean - Weleri.
Pelaksanaan penelitian ini meliputi menilai kondisi perkerasan secara visual dengan metode PCI dengan membagi ruas jalan Patean - Weleri sepanjang 25.230 meter menjadi segmen-segmen berukuran 6 x 200 m, dan menggunakan metode RCI dimana metode ini merupakan skala tingkat kenyamanan atau kinerja jalan yang dapat diperoleh dari pengukuran dengan alat roughometer maupun secara visual. Jika penelitian dilakukan dengan menggunakan alat roughometer maka akan diperoleh nilai International Roughness Index (IRI).
Hasil penelitian ini mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada jalan yaitu rusak kulit buaya, lubang, alur, amblas, pelepasan bulir, rusak melintang, rusak memanjang, rusak blok, rusak pinggir, dan tambalan. Di ruas Jalan Patean - Weleri dengan metode PCI diperoleh hasil rata-rata nilai PCI 76,47 termasuk dalam kondisi jalan Sangat Baik. Berdasarkan hasil dari korelasi nilai RCI dengan menggunakan 2 model persamaan yaitu Sukirman, Paterson, mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Untuk persamaan menurut Sukirman rata-rata nilai RCI yang didapat sebesar 8,17, menurut Paterson rata-rata nilai RCI yang didapat sebesar 9,42.
Downloads
References
Anonim. 1997. Petunjuk Teknis Perencaan Dan Penyusunan Progam Jalan Kabupaten. Jakarta: Dirgen Bina Marga.
Anonim. 1997. Tata Cara Perencaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Dirgen Bina Marga.
Anonim. 1983. Pedoman Penentuan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya. Jakarta
: Dirjen Bina Marga.
Ashakandari, F.S. 2016. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan (Evaluation Of Road Damage Level As A Basis For Determining Road Maintenance). Yogyakarta. Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Imaduddien, Mohammad. 2017.Analisa Kerusakan Konstruksi JalanAspal di Kota Makasar dengan Metode Pavement Condition Index. Makasar. Tugas Akhir, Universitas Hasanudin Makasar, Makasar.
Saodang, Hamirhan, 2005. Konstruksi Jalan Raya Buku 2 Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Bandung: NOVA.
Sari, Devita. 2019. Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Pengamatan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dan Metode IRI (International Roughness Index) Pada Jalan Kelas II Di Kabupaten Lumajang). Jember. Tugas Akhir, Universitas Jember, Jember.
Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: NOVA.
Surandono, A., & Suci, P.M. 2016. Analisa Teknis Perbaikan Perkerasan Lentur Dengan Metode Aashto. Lampung. Jurnal, Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung.