Perencanaan Jaringan Air Bersih Desa Dieng Kejajar Wonosobo

  • Ashal Abdusalam Universitas Sains Al-Quran
  • Furqon Hakim Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Air, Jaringan air bersih

Abstract

Air merupakan kebutuhan dasar (basic need) bagi kehidupan manusia, karena air merupakan gizi makro yang sangat penting. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan  menjadi air minum setelah dimasak terlebih dahulu.

Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo merupakan desa yang memiliki kontur tanah perbukitan dan juga memiliki sumber mata air yang melimpah. Dari keterangan warga setempat kondisi air sumur yang biasa mereka gunakan sehari-hari dimungkinkan telah terkontaminasi belerang berdasarkan aroma yang dirasaan oleh masyarakat. Sehingga perencanaan air bersih sangat diperlukan bagi masyarakat untuk menggantikan air sumur yang kurang sehat.

Data-data yang digunakan sebagai dasar dalam pembuatan dan penyusunan laporan Tugas Akhir ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Dari pengamatan dan peninjauan diketahui bahwa debit mata air sebesar 1,5 lt/dt. Angka ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air penduduk sampai 15 tahun ke depan yang kurang lebih sebesar 2,73 l/dt dengan jumlah pemakai sebanyak 1.488 jiwa. Bangunan-bangunan penunjang direncanakan dengan perhitungan dan memperhatikan keadaan di lokasi yang sebenarnya. Dari hal tersebut didapatkan bangunan broncaptering dengan dimensi 2m x 2m x 1,5m dan bangunan resevoir dimensi 4m x 4m x 3m. Total biaya yang diperlukan untuk melaksanakan rencana ini adalah Rp. 915.195.894,16.- dengan harga air Rp. 4.100,00.- per m3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya. (2013). Petunjuk Praktis Perencanaan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Bersih Pedesaan. Jakarta: Penerbit.
Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Rekompak – JRF. (2006), Pedoman Perencanaan Pengadaan Air Bersih Pedesaan. Jakarta: Penerbit.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (1990), Peraturan No. 416 Tentang Syarat-syarat Dan Pengawasan Kualitas Air. Jakarta: Penerbit.
Pemerintah Republik Indonesia. (2001), Peraturan No. 82 Tentang Pengelolaan Kualitas Air. Jakarta: Penerbit.
Pemerintah Republik Indonesia. (1990), Peraturan No. 20 Tentang Pengendalian Pencemaran Air. Jakarta: Penerbit.
Sofiani, Ririn. (2015). Perencanaan Jaringan Air Bersih Desa Sembungan Kejajar Wonosobo. Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo.
Sulistyawan, Abriyani. (2010). Rekayasa Hidrologi. Semarang: Penerbit UNDIP.
Triatmojo, Bambang. (1996). Hidraulika II. Jakarta: Erlangga.
Wilson, E. M. (1993). Hidrologi Teknik (MM Purbohadiwidjodjo, Penerjemah.). Bandung: Penerbit ITB.
Published
2020-06-30
How to Cite
AbdusalamA., & HakimF. (2020, June 30). Perencanaan Jaringan Air Bersih Desa Dieng Kejajar Wonosobo. Teras, 10(2), 62-77. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2141
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 155 times
PDF downloaded = 113 times