Pengaruh Kegiatan Parkir Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Area Alun Alun Wonosobo Hari Minggu

  • Rafli Septian Universitas Sains Al-Quran
  • Ashal Abdusalam Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Parkir, Kinerja Ruas Jalan

Abstract

Permasalahan lalu lintas terdapat beberapa aspek yang saling berkaitan, lalu lintas yang baik adalah yang mampu mewujudkan arus yang lancar, kecepatan yang cukup, aman, dan nyaman. Lalu lintas juga tidak terlepas dari adanya kendaraan yang berjalan atau berhenti. Untuk kendaraan-kendaraan yang berhenti atau parkir, dapat menimbulkan suatu masalah yang sangat penting. Kendaraan yang tidak bergerak atau parkir akan memerlukan tempat parkir pada tempat pribadi namun selebihnya di parkir di tempat-tempat parkir diluar parkir pribadi.

Kemacetan lalu lintas pada jalan perkotaan telah menjadi topik utama yang selalu menjadi masalah, seperti halnya kemacetan yang diakibatkan oleh banyaknya kendaraan yang melakukan parkir pada ruas jalan (On Street Parking). Secara umum ada tiga faktor yang menyebabkan masalah kemacetan yang semakin lama semakin parah, yaitu terus bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumber daya untuk melaksanakan pembangunan jalan raya dan fasilitas trasnportasi lainya, serta belum optimalnya pengoperasian fasilitas transportasi yang ada. Salah satu faktor yang mempunyai konstribusi besar terhadap penurunan kinerja ruas jalan adalah parkir pada ruas jalan (On Street Parking), permasalahan kemacetan menjadi hal yang menarik untuk dikaji, seperti halnya kemacetan yang diakibatkan oleh adanya pengaruh aktifitas parkir pada ruas jalan di area Alun-Alun Wonosobo pada hari Minggu pagi.

Pada hari Minggu pagi di area Alun-Alun Wonosobo selalu mengadakan kegiatan Sunday Morning, dimana tempat tersebut selalu penuh dan ramai orang-orang. Kondisi tersebut mengakibatkan kebutuhan akan ruang parkir dimana kondisi saat ini pada kawasan Alun-Alun Wonosobo yang tidak memiliki area parkir yang dapat menampung kendaraan para pengunjung,  sehingga mengakibatkan mobil maupun motor milik pengunjung hanya di parkir pada ruas jalan (On Street Parking) sehingga mengurangi kapasitas jalan dan seringkali mengakibatkan kemacetan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hobbs, F.D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Cetakan Kedua, Gajah Mada Universitas, Yogyakarta.
Anonim, 1997. MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) Departemen pekerjaan umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. Jalan Perkotaan
Tamin, O.Z, 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.
Anonim, 1999, Rekayasa Lalu Lintas, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan.
Anonim, Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. 272 tentang Pedoman Teknik Penyelenggaraan fasilitas.
Anonim, 2017, Jumlah Penduduk Kabupaten Wonosobo, Kantor BPS kabupaten Wonosobo
Published
2019-03-31
How to Cite
SeptianR., & AbdusalamA. (2019, March 31). Pengaruh Kegiatan Parkir Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Area Alun Alun Wonosobo Hari Minggu. Teras, 9(1), 1-8. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2076
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 107 times