EVALUASI KETERLAMBATAN PROYEK DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK JEMBATAN

  • Via Latifani Universitas Sains Al-Quran
  • Ashal Abdusalam Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Proyek, Pengendalian, Kinerja, Biaya, Waktu

Abstract

Dalam mencapai hasil akhir, kegiatan proyek dibatasi oleh anggaran, jadwal, dan mutu yang dikenal sebagai tiga kendala ( triple constaian ). Keberhasilan suatu proyek, menuntut adanya pelaksanaan manajemen yang baik. Penelitian terhadap kinerja biaya dan waktu pada proyek tersebut guna mengetahui seberapa besar penambahan waktu dan biaya akibat keterlambatan. Sehingga dapat dilakukan antisipasi keterlambatan untuk mencegah kerugian diakhir proyek.

            Konsep earned value merupakan salah satu akat yang digunakan dalam pengelolaan proyek yang mengintegrasikan biaya dan waktu. Penelitian ini mengukur kinerja proyek menggunkan konsep nilai hasil pada Proyek Pembangunan Jembatan Pabelan dan Proyek Pembangunan Jembatan Sileng. Dengan mencari data proyek meliputi Actual Cost of Work Peformed ( ACWP ), Budgeted Cost of Schedule ( BCWS ), dan Budgeted Cost of Performed ( BCWP ). Dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel, data digunakan untuk mendapatkan Cost Varian ( CV ), Schedule Varian ( SV ), Cost Performance Index ( CPI ), Schedule Performance Index ( SPI ) Critical Rasio ( CR )serta dapat memprediksi penyelesaian waktu akhir proyek ( SEAC ) dan perkiraan biaya penyelesaian proyek ( BEAC ).Metode yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif kuantitatif, studi yang menggambarkan kondisi proyek tertentu dengan analisis data.

            Hasil analisis terhadap biaya dan waktu proyek pada proyek jembatan Pabelan adalah nilai CPI=0,68 < 1( lebih kecil dari cost ovverun ), nilai SPI=0,65 <1 ( lebih besar dari anggaran ) , nilai BEAC Rp. 8.719.984.353 dan nilai SEAC 30 minggu, proyek mengalami keterlambatan 9 minggu. Untuk hasil analisis terhadap biaya dan waktu ppada jembatan Sileng adalah nilai CPI=1,09 > 1( lebih kecil dari cost ovverun ), nilai SPI=0,83 <1( lebih besar dari anggaran ), nilai BEAC Rp. 6.053.854.128, dan nilai SEAC 39 minggu, proyek mengalami keterlambatan 2 minggu.Konsep nilai hasil sangat diperlukan dalam proyek untuk dapat diambli tindakan koreksi, antisipasi, maupun tindakan pembetulan secara cepat sebelum persoalan berkembang menjadi besar dan sulit diperbaiki. Manajemen waktu dan biaya merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arpan, Muhammad. (2014). Evaluasi Keterlambatan Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.
Auzan N, Rifqi., Risky S, Daniar., Suharyanto., & Kristiani, Frida. (2017). Penngendalian Biaya dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). Universitas Diponegoro: Semarang. [ Volume 6.Nomor 4. Tahun 2017. 460-470 ]
Dipohusodo. (2013). Manajemen Proyek dan Konstruksi. Kanisius: Jakarta.
Ervianto, Wulfram I. (2005). Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Andi: Yogyakarta.
Juliana. (2001). Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Earned Value Management. Universitas Indraprasta PGRI.
Klaveren, J., & Winters, P. (1999). Membangun: Ilmu Bangunan 1. Erlangga: Jakarta
Latifani, Via. (2017). Pembangunan Jembatan Pabelan di Ruas Jalan Mendut- Tanjungjapuan. Universitas Sains Al-Qur’an: Wonosobo
PT. Sempalan Jati. (2017). Metode Pelaksanaan: Kudus.
Riyanto, Wulfram I, (2003), Manajemen Proyek Konstruksi, Andy: Yogyakarta.
Soeharto, I. (1995). Manajement Proyek. Erlangga: Jakarta.
Tarmudji, Tarsis. (1993). Mengenal Manajemen Proyek. Liberty: Yogyakarta.
Triyanto, Djoko. (2004). Hubungan Kerja Di Perusahaan Jasa Konstruksi. Mandar Maju: Bandung.
Tjokrodimuljo, Kardiyono. (1996). Teknologi Beton. Nafiri: Yogyakarta.
Widiasanti,. & Lenggogeni. (2013). Manajemen Kostruksi. Rosda: Bandung.
Published
2020-06-30
How to Cite
LatifaniV., & AbdusalamA. (2020, June 30). EVALUASI KETERLAMBATAN PROYEK DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK JEMBATAN. Teras, 10(2), 26-37. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2138
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 174 times
PDF downloaded = 130 times