Analisis Efektifitas Angkutan Umum Di Wonosobo

  • Wiji Lestarini Universitas Sains Al-Quran
  • hermawan hermawan Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
efektivitas, angkutan umum

Abstract

Pengembangan angkutan umum masal berbasis jalan di wilayah perkotaan di Indonesia diarahkan untuk menciptakan pelayanan yang handal dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat pengguna jasa angkutan umum.

Dalam penelitian ini dilakukan penelitian terhadap minat masyarakat terkait penggunaan angkutan umum, ketersediaan, kondisi pelayanan, dan tingkat efektivitas angkutan umum dengan melakukan penyebaran kuesioner dari 340 responden sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah statistic descriptive menggunakan spss versi 20. Data dari penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner di sekitaran kota Wonosobo sejumlah sempel. Kemudian hasil penelitian ini diolah dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, kemudian dianalisa berdasarkan prosentase tertinggi.

Minat responden terhadap angkutan umum rendah dapat dilihat berdasarkan prosentase penggunan angkutan terbanyak adalah kendaraan pribadi yaitu 48,2%.Dilihat dari nilai R yaitu sebesar 0,484 artinya kepemilikan kendaraan pribadi berpengaruh terhadap moda trasportasi yang digunakan..Penggunaan angkutan umum yang paling diminati yaitu Angkot sebanyak 32,9% dengan ketersediaan angkutan sebanyak 405 unit.Pelayanan angkutan umum berdasarkan waktu tunggu adalah sangat baik karena 81,5% responden menunggu angkutan <1 jam. Menurut pelayanan angkutan umum berdasarkan kondisi angkutan adalah cukup nyaman dengan prosentase responden sebanyak 52,8%. Dan menurut kinerja adalah cukup baik dengan prosentase jumlah responden sebanyk 55,6%.Tingkat efektivitas berdaasarkan minat responden terhadap penggunaan angkutan umum tidak sebanding dengan ketersediaan angkutan umum. Dimana penggunaan kendaraan pribadi relatif tinggi yaitu 48,2% sedangkan,kondisi angkutan yang di tumpangi oleh responden sebanyak 40.6% adalah setengah dari kapasitas angkutan dapat dikatakan bahwa ketersediaan angkutan umum tidak sesuai dengan kebutuhan.

Mengurangi jumlah angkutan umum di Wonosobo agar lebih optimal. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambah jumlah sampel penelitian agar hasil lebih akurat,dan sebaiknya perlu diteliti lagi apakah metode yang digunakan sesuai dengan objek yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Putrayasa, I Made dan Ni Kadek Sri Maharani 2014. Evektivitas Bus Trans Saebagita Trayek Kota-GWK Dalam Mengurangi Kemacetan di Kota Denpasar dan Kabupaten Bandung. Bali.
Dewi, Ulfah Dewi. 2017. Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik. Makasar.
Johan Paul Engelberthus, Johan. 2017. Studi Tingkat Pelayanan Angkutan UMUM Damri Di Kota Manado. Manado.
Kadishub Kab.Wonosobo. 2017. Personal interview.
Retnoningrum, Ratih. 2017. Analisa Kinerja Oprasional Angkutan Kota Rute Wonosobo-Mojotengah. Wonosobo
Situmeang, Poltak. 2008. Analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota. Medan.
Published
2019-06-30
How to Cite
LestariniW., & hermawan hermawan. (2019, June 30). Analisis Efektifitas Angkutan Umum Di Wonosobo. Teras, 9(2), 68-78. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2118
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 348 times
PDF downloaded = 120 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>