PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI BERBANTUAN SPACE 4D+ AR PLAYING CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 PEKANBARU PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

Penulis

  • Dean Irvanda Tri Kharisma Physics education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Muhammad Nasir Physics education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Fakhruddin Z Physics education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32699/spektra.v11i1.8878

Kata Kunci:

augmented reality playing card, group investigation, hasil belajar kognitif

Abstrak

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan space 4d+ augmented reality playing card dan untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan space 4d+ augmented reality playing card dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan space 4d+ augmented reality playing card. Sasarannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 10 kelas dan berjumlah 392 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui posttest. Hasil analisis deskriptif hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh bahwa perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif sebesar 18,6, secara inferensial didapatkan hasil signifikansi ρ = 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan space 4d+ augmented reality playing card dengan kelas yang menggunakan metode konvensional dengan taraf kepercayaan 95%.

Referensi

Amos Neolaka dan Grace Amialia Neolaka, Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri menuju Perubahan Hidup (Depok: Kencana, 2017).
Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 346-352
Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020: Merdeka Belajar ditengah Pandemi Covid-19. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid19/
Harahap, KAH., dkk. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Jurnal Edu Riligia. Halaman 275-289 Vol. 2 No. 2
Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak suatu Benda. Pedadidaktka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127–139.
Heryati, T. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik denganmodel pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 7(2), 69–90.
Komala, R., Lestari, D. P., & Ichsan, I. Z. (2020). Group Investigation model in environmental learning: An effect for students’ higher order thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 9–14. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081802
Maspupah, M., Muhlas, M., Rahmawati, D., Alawiyah, R. N., Juniardi, H., & Nurlaela, A. A. (2021). Student creative thinking skills of environmental change material using Group Investigation learning model with interactive multimedia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(5), 52-78. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/5/052078
Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Ihya Al-Arabiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab.
Pai, Y., Yap, H., Md Dawal, S. et al. Virtual Planning, Control, and Machining for a Modular-Based Automated Factory Operation in an Augmented Reality Environment. Sci Rep 6, 27380 (2016). https://doi.org/10.1038/srep27380
Siahaan, A.D., Medriati, R. and Risdianto, E., (2019). Pengembangan penuntun praktikum fisika dasar ii menggunakan teknologi augmented reality pada materi rangkaian listrik dan optic geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), pp.91-98.
Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu.
Syawaludin, A., Gunarhadi., & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 289-298.
T P, Socrates & F, Mufit. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Study Literatur. Jurnal Pendidikan Fisika: Edu Fisika, 2(7), 96-101.
Wahyudhi, S. (2019). The effect of prosedural scaffolding in Group Investigation on creative and critical thinking ability of students with high and low prior knowledge. INVENTOR: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 28–38. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/INVENTOR/article/view/129

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI BERBANTUAN SPACE 4D+ AR PLAYING CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 PEKANBARU PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. (2025). SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 11(1), 40-48. https://doi.org/10.32699/spektra.v11i1.8878