UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPRETASI DATA DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS X SMK NEGERI 1 BANTAN
DOI:
https://doi.org/10.32699/spektra.v11i2.10099Kata Kunci:
Kata Kunci: Keterampilan Interpretasi Data, Keterampilan Kolaborasi, Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan interpretasi data dan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning . Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 11 peserta didik kelas X ATPH. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, keterampilan kolaborasi, serta tes keterampilan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari 82% pada Siklus I menjadi 88% pada Siklus II, sedangkan aktivitas peserta didik meningkat dari 80% menjadi 84%. Rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik meningkat dari 54% pada pra-siklus menjadi 66% pada akhir Siklus I, dan mencapai 72% pada akhir Siklus II, dengan seluruh indikator berada pada kategori kolaboratif. Keterampilan interpretasi data juga mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata klasikal dari 68% pada Siklus I menjadi 77% pada Siklus II. Penerapan model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan interpretasi data dan kolaborasi peserta didik. Model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kerja sama di kelas.
Referensi
Hidayat, S., & Sulastri, E. 2023. Keterampilan interpretasi data peserta didik SMK dalam pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi, 8(1), 45-56.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Hussein, M., & Othman, N. (2025). Perceived teacher support and student engagement among higher education students: A systematic literature review. BMC Psychology, 13(1), 52. https://doi.org/10.1186/s40359-025-02188-9
Mulyani, S. (2024). Analisis peran guru sebagai fasilitator siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 6(1), 1–10.
Ni’mah, K., & Agustina, N. (2024). The Effectiveness of Discovery Learning with Digital Media to Enhance Student Engagement. Journal of Educational Research, 12(2), 115–124.
Nisa, K., Jannah, F., Agusta, A. R., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Kerja Sama, dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran POLA di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah (JS), 8(4).
Novita, F., Irawati, S., & Jumiarni, D. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 86–93.
OECD. (2025a). Teacher support for student learning: Insights from PISA 2022. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2025b). Teacher support for student learning (Full report – conclusions). Paris: OECD Publishing.
Purnomo, M. 2017. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan interpretasi data matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 134-145.
Rahman, M. M., et al. (2024). Effect of teachers’ teaching strategies on students’ learning engagement within online environments. Education and Information Technologies, 29(23), 11901–11926. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13176-9
Ramadhani, A., Santoso, B., & Iskandar, A. 2023. Pembelajaran berbasis teknologi dan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan analitis dan kolaborasi peserta didik SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pengajaran, 15(4), 215-227. https://doi.org/10.1234/jtpp.v15i4.2231
Sari, P. A. (2019). Analisis kemampuan interpretasi data statistik pada peserta didik SMK melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 289-300.
Setiawan, A., Jannah, S., & Hidayat, R. 2021. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan interpretasi data peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 129-138. https://doi.org/10.1234/jptk.v16i2.1456
Sujono, S., & Lestari, I. 2022. Efektivitas penerapan model pembelajaran aktif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 231-240. https://doi.org/10.5678/jpp.v11i3.5678
Sukarjita, I., & Tae, L. (2025). Project-Based Discovery Learning to Improve Collaboration and Critical Thinking Skills. International Journal of Science Education, 47(3), 345–359.
Tsai, C. Y. (2024). The Impact of Data Interpretation Training on Students’ Critical Thinking Skills in Science. Research in Science Education, 54(1), 89–107.
Xue, E., Li, J., & Shen, Y. (2022). Dynamic interaction between student learning behaviour and learning environment: Meta-analysis of student engagement and its influencing factors. Frontiers in Psychology, 13, 1071575. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1071575
Yuliana, E., & Febrianto, D. 2023. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan interpretasi data melalui model pembelajaran Discovery Learning pada peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 10(1), 90-101. https://doi.org/10.1016/j.jpip.2023.02.003
