KIT IPA THROUGH ICARE MODEL TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS
Effectivinness, KIT IPA, ICARE, Learning outcomes
Abstract
Kegiatan pembelajaran IPA tidak akan lengkap tanpa adanya latihan praktik. Melalui penggunaan media dalam kegiatan eksperimen, seperti penggunaan media KIT IPA, konten pembelajaran dapat langsung diserap. Pada kenyataannya, KIT IPA masih belum banyak dimanfaatkan. KIT IPA yang tidak digunakan akan rusak setelah dipelajari sehingga tidak dapat digunakan lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran siswa SMP kelas VII dan menilai seberapa baik KIT IPA bekerja dengan model ICARE ketika diterapkan pada konten gerak dan gaya. Metode tes merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Alat yang diberikan berbentuk tes hasil belajar kognitif. Berdasarkan data, persentase kategori baik kelas eksperimen sebesar 71%, sedangkan persentase kategori cukup kelas kontrol sebesar 49%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hasil belajar kognitif siswa SMP kelas VII pada materi gerak dan gaya dapat terpenuhi secara efektif dengan menggunakan KIT IPA melalui paradigma ICARE.
Downloads
References
Anggraini, S. A. P., Lesmono, A. D., & Handono, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana di MAN. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2(September), 1–6.
Arianti, N. N. S., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 240–250. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35571
Elyana, E., Yennita, Y., & Fakhruddin, F. 2017. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa MAN 2 Model Pekanbaru Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Fisika Tingkat SMA/MA. Doctoral dissertation. Riau University
Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021, 307–312. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/152
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Phonna, Zilla. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII di Man 4 Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.
Rifai, H. K., Tellu, A. T., & Saehana, S. (2015). Penggunaan KIT IPA yang dipadukan dengan Pendekatan Hand On untuk Meningkatkan Minds On Siswa di Kelas VB SDN Model Terpadu Madani Palu. e-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 1–8.
Rosdianto, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Generative Learning pada Materi Hukum Newton. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 2(2), 49–55. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.211
Salirawati, D., Priyambodo, E., & Primastuti, M. (2021). The Effect of Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) towards Students’ Chemistry Learning Outcome. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 179–187. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.028
Siahaan, P., Dewi, E., & Suhendi, E. (2020). Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) Learning Model: The Impact on Students’ Collaboration and Communication Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 109–119. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.5547
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sunuraya, J., Panggabean, D. D., & Wahyuni, I. (2019). Analisis Hubungan Keterampilan Proses Sains dan Kreatifitas LKM Berorientasi ICARE Pada Pembelajaran Matakuliah Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 91–96.
Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Icare Berbantuan Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viiismplaboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 84. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921