PENINGKATAN PRODUKSI INDUSTRI RUMAHAN FURNITURE DAN ALAT PERAGA EDUKASI DI KALIBEBER WONOSOBO

  • Nasyiin Faqih UNSIQ Wonosobo
  • Akhmad Irfan
  • Ahmad Guspul
Keywords:
Ekonomi, kreatif, souvenir, furniture, APE

Abstract

Ekonomi kreatif yang menjadi salah satu target program pengembangan dari pemerintah, termasuk di kota Wonosobo Jawa Tengah, sangat membutuhkan pengembangan usaha  yang dapat menyerap banyak pelaku usaha baru. Di Wonosobo perkembangan pariwisata sangat cepat dengan adanya wisata Dataran Tinggi Dieng dan Panorama Sikunir. Salah peluang usaha yang bisa dilakukan adalah di bidang kerajinan souvenir, furniture dan  Alat Peraga Edukasi (APE) yang mensupplay ke seluruh TK dan PAUD di Kabupaten Wonosobo. Saat ini banyak pesanan Furniture modern seperti almari, buffet, wardrobe, dinding dan sebagainya dengan nuansa desain modern minimalis.

Industri Rumah Tangga “Dieng Keren (DEKE)” yang beralamat di kelurahan Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu Industri yang bergerak di bidang Souvenir, Furniture dan Alat Peraga Edukasi (APE).  Berdasarkan hasil diskusi dengan ketua pengrajin, tim Pengabdian Masyarakat dari UNSIQ Wonosobo merasa perlu untuk memberikan pendampingan teknis dan stimulan peralatan yang diperlukan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi. antara lain dengan merencanakan desain seperangkat alat CNC ROUTER.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2001. Profil Industri Kecil dan Kerajinan Rumah Tangga: Tahun 1999, Jakarta.
Carsoni, N, dkk. 2016. IbM MGMP Guru Teknik Mesin. Semarang: UPGRIS.
Jafar Hafsah. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX.
Kenneth N. Wexley. 1991. Developing and Training Human Resources in Organizations.
Kuncoro, M. 2002. Analisis Spasial dan Regional: Studi Aglomerasi dan Kluster Industri Indonesia. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.
Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati, M.Pd. et all. 2014. IbM Industri Kecil dan Alat Peraga Edukatif ( APE ) Pedan Klaten Jawa Tengah. Yogyakarta: UNY.
Wonosobo Dalam Angka 2022
https://id.wikipedia.org/
Published
2024-01-30
How to Cite
FaqihN., IrfanA. and GuspulA. (2024) “PENINGKATAN PRODUKSI INDUSTRI RUMAHAN FURNITURE DAN ALAT PERAGA EDUKASI DI KALIBEBER WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(01), pp. 71-75. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i01.5791.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 59 times