PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING PADA BAURAN PEMASARAN DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK HERBALIFE (STUDI KASUS PADA CLUB SEHATWAY DI WONOSOBO)
Green Marketing, Bauran Pemasaran, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife ( Studi Kasus Pada Club Sehatway di Wonosobo ) . Sedangkan tujuan yang inigin dicapai adalah untuk menganalisis pengaruh strategi green marketing pada bauran pemasaran dan citra merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Herbalife.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, populasi penelitian adalah konsumen pada Club Sehatway Wonosobo dan peduli terhadap masalah lingkungan serta mengetahui tentang green marketing. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu berdasarkan umur dan jenis kelamin dengan jumlah total 60 responden. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan tingkat signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Herbalife. Sedangkan green product, green price, green place dan green promotion tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Herbalife.
Downloads
References
Aaker, David A. and Alexander L. Biel. 1993. Brand Equity and Advertisings Role in Building Strong Brands. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Ade, D.P. dan N. D. Rimbawan. 2011.Hubungan Harga, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan Di Bidang Jasa Penerbangan (Studi Pada Maskapai Garuda Indonesia). Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan (MATRIK). 5(2): h:95-108.
Agustin. 2009. Analisis Penerapan Pemasaran Hijau (Green Marketing) untuk Meningkatkan Brand Image Produk Ramah Lingkungan pada Prigel Art & Gallery Arjosari, Malang. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Skripsi tidak diterbitkan.
Allen, A. CH. Manongko, 2011a. Green Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado), Tesis S2, Universitas Brawijaya, MALANG.
Allen, A. CH. Manongko, 2011b. Green Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado), Tesis S2, Universitas Brawijaya, MALANG.
American Marketing Asociate. (AMA). 1975. Pengertian green marketing. http://www.flickr.com/photos/cali2okie/2399377732/). Diakses 23 Januari 2013.
Anoraga Ardianti, N.T, 2008 Analisis perilaku konsumen kota bogor terhadap produk kosmetik hijau MB-IPB-Bogor.
Arseculeratne, Dinuk and Rashad Yazdanifard. 2014. How Green Marketing Can Create a Sustainable Competitive Advantage for Business. International Business Research Volume: 7. Toronto: Canadian Center of Science and Education.
Asrianto Balawera, 2013. Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui mint membeli produk organic di FreshMart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4): h: 2117-2129.
Azwar, A. 1996, Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber widya.
Baker, S., et al., 2004, Maping the values driving organic food choice, European journal of Marketing, Vol. 38 No. 8, pp. 995-1012.
Byrne, Michael 2002a. Undestanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKOS University of Newcastle.
Chang, N.J and C. M. Fong. 2010.Green Product Quality, Green Corpporate Image, Green Customer Satisfaction, and Green Consumer Loyalty. African Journal of Business Management. 4(14): pp: 2836-44.
Charter, Martin and Michael J. Polonsky. 1999. Greener Marketing: A Global Perspeective on Greening Marketing Practice. Sheffield: Greenleaf Publishing.
Chen, Y. S. 2008.The river of Innovation and Green Image-Green Core Competence. Journal of Business thics. 81(3): pp: 531-543.
Chen, Y. S. 2010.The Driver of Brand Equity: Green Brand Image, Green Satisfaction, and Green Trust. Jornal of Business Ethics. 9(3): PP: 307-319.