PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PASAR TRADISONAL DAN PASAR MODERN : MARKETING MIX (STUDI KASUS PADA PASAR TRADISIONAL “PASAR INDUK WONOSOBO” DAN PASAR MODERN “RITA PASAR RAYA WONOSOBO ”)

  • Ahmad Guspul Program Studi Manajemen Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Persepsi Konsumen, marketing mix

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap pasar tradisional dan pasar modern : Marketing Mix.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitiannya studi kasus didukung dengan survei. Sifat penelitian ini adalah Explanatoring Research. dimana untuk mencapai tujuan penelitian akan digunakan alat analisis yaitu uji beda (uji independent t test). Uji independent t test didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen pasar modern dengan pasar tradisional untuk kajian marketing mix.
Berdasarkan t hitung untuk produk dengan equal variance assumed untuk 9.862, 10.091, 11.383, 13.347, 15.508 hingga 17.283 dengan probabilitas 0.000. kesemua hasil untuk uji dua sisi probabilitas tetap 0.000. Karena 0.000 < 0.025 maka H0 ditolak yang artinya rata-rata persepsi konsumen pasar modern terhadap produk benar-benar berbeda dengan rata-rata persepsi konsumen pasar tradisional

References

Amstrong & Kotler. 2004. Dasar-dasar Pemasaran; Jilid dua. Terjemahan: PT. INDEKS: Jakarta
ANDI Singarimbun, Massri dan Effendi Sofyan. 1989. Metodologi Penelitian Bisnis Survey. Alfabeta: Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, edisi revisi VI. PT. Rineka Cipta : Jakarta
ILMU: Yogyakarta Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Indriantoro & Supomo, 1999, Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta: BPFE
Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 2, Oktober 2006: 53-64 Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=MAR. (Tanggal 22-10-2009)
Kinnear, Thomas & Taylor, james. 1987. Riset Pemasaran, Jakarta : Penerbir Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Indeks. Yogyakarta
Lani, James, 2009, Independen Samples t-test. Statisticssolution.blogspot.com Tika, Pabundu. 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara
Lini Zikrul Media Intelektual Sujana, Asep. 2005. Paradigma Baru Dalam; Manajemen Ritel Modern, GRAHA
Malhotra, Naresh. 2009. Riset Pemasaran; Pendekatan Terapan, Jakarta: PT.Indeks
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama
Masyhuri, dan M Zainiuddin. 2008. Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dan Aplikatif, PT. Refika Aditama: Bandung
McCrae, R.R., & Allik, J. (2002). The Five Factor Model of personality across cultures.
Muflih, Muhammad, 2006, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
New York: Kluwer Academic/ Plenum Publishers.
Prasetijo, Ristianty & Lhalauw, John. 2005. Perilaku Konsumen, Yogyakarta:
Schiffman, Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh. PT. INDEKS: Jakarta
Sugiono. 2001. Metodologi Penelitian Bisnis. Alfa Betha: Bandung
Umar, Husein,2001, Metode PenelitianUntuk Skripsi dan Teses Bisnis, Edisi baru, Cetakan keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Whidya Utami, Christina, 2008. Strategi Pemsaran Ritel, Edisi revisi, Jakarta: PT. Indeks
Whidya Utami, Christina. 2006. Manajemen Ritel; Strategi dan Implementasi Ritel Modern, Salemba Empat: Jakarta
Widjajakusuma, muhammad karebet, 2002, Menggagas Bisnis Islam, Jakarta Gema Insani Press
Published
2015-09-01
How to Cite
Guspul, A. (2015) “PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PASAR TRADISONAL DAN PASAR MODERN : MARKETING MIX (STUDI KASUS PADA PASAR TRADISIONAL “PASAR INDUK WONOSOBO” DAN PASAR MODERN ‘RITA PASAR RAYA WONOSOBO ’)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(3), pp. 228-240. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v2i3.380.
Section
Articles